Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

 
Pelayanan Publik diatur dalam UU Nomor 25/2009 dan Pelayanan Informasi Publik diatur dalam UU Nomor 14/2008. Amanat dari aturan tersebut adalah setiap Penyelenggara Negara wajib memberikan pelayanan publik melalui pengelolaan   pelayanan, Pengelolaan   Pengaduan,   Pengelolaan   Informasi, Layanan konsultasi, dan evaluasi pelaksanaan pelayanan publik.
 
Tuntutan pelayanan publik terhadap penyelenggara negara adalah memberikan layanan cepat, layanan waktu yang tidak terbatas, mendapatkan kenyaman fasilitas, dan mendapatkan respon cepat dari penyelenggara pelayanan publik. Unit Layanan Terpadu Kementerian   Pendidikan   dan   Kebudayaan   mempunyai   tugas memberikan layanan langsung dan tidak langsung   terkait dengan permintaan informasi.
 
Untuk  mewujudkan  penyelenggaraan  pelayanan  publik  sesuai dengan  asas penyelenggaraan  pemerintahan  yang  baik dan kepastian hak serta kewajiban berbagai pihak maka penyelenggaraan pelayanan publik wajib dilaksanakan;. Dan untuk meningkatkan kualitas   pelayanan   publik    di    unit pelaksanaan teknis di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,  Riset, dan Teknologi khususnya BBPMP, maka perlu perlu ada terobosan dalam peningkatan kualitas layanan.
 
 
Terobosan kami tahun 2022
 
Dalam rangka terobosan area pelayanan maka jenis pelayanan yang semula daring dan tatap muka, maka di tahun 2022 ditambah dengan inovasi yaitu ULT-Link (daring dan keliling) dan upaya memberikan kemudahan layanan yang cepat, mudah, efisien dan efektif, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur akan menghadirkan inovasi terbaru yaitu ULT-Link atau Unit Layanan Terpadu secara daring.  
 
ULT-Link ini dihadirkan untuk memberikan layanan daring yaitu metode telekomunikasi yang memudahkan segala pertemuan, inti dari daring adalah bentuk telekomunikasi yang dilakukan dengan jaringan internet. Dengan adanya ULT Daring ini masyarakat dapat meminta informasi, menyampaikan pengaduan, bertanya, berdialog, memberikan saran dan masukan, serta konsultasi secara daring dengan nyaman dan memperoleh kepastian mendapatkan tanggapan yang baik dan profesional.
 
ULT-Link ini berawal dari banyaknya permasalahan stakeholder yang kesulitan mengupdate data dan permasalahan jarak yang jauh antara kabupaten/kota di wilayah Jawa Timur. Sehingga dirasa layanan daring bisa menjembatani permasalahan    tersebut    dalam optimalisasi    layanan.    Kami    berharap melalui layanan ini, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik dan kami berupaya untuk terus meningkatkan sinergi dengan 38 Dinas Pendidikan dan 24 Cabang Dinas Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur.
 
Tujuan dari layanan daring ini untuk : 1) meringankan beban masyarakat baik dari segi biaya, waktu, dan jarak untuk mendapatkan informasi yang diperlukan, 2) mengoptimalkan  peran  UPT  BBPMP  Kemdikbudristek  dalam  memberikan pelayanan publik, 3) memberikan  kemudahan    layanan  kepada  pemangku  kepentingan  serta seluruh stakeholder sebagai mitra kerja BBPMP Provinsi Jawa Timur, 4) memberikan layanan yang cepat dari penyelenggara pelayanan publik, waktu yang tak terbatas tanpa ada pungutan dan, 5) memberikan kenyamanan fasilitas dan keramahan layanan.
 
Layanan ULT BBPMP Provinsi Jawa Timur terdiri dari: Layanan Komunikasi, Kemitraan dan Pemberdayaan, Layanan Inovasi dan Transformasi Pembelajaran, Layanan Data, Perencanaan dan Penjaminan Mutu, Layanan Tata Kelola, Kabupaten/kota yang sering menggunakan layanan aplikasi silat dan Kabupaten/kota yang banyak permasalahan dalam mengupload berkas (di verval PTK).
 
Sebelumnya di tahun 2021
 
Pada tahun 2021 lokasi unit layanan terpadu berada di gedung B lantai 1. Pengguna layanan kesulitan mencari lokasinya karena kurang strategis jauh dari pintu gerbang utama dan tidak tampak dari depan kantor utama.
 
Jenis layanan yang ditawarkan tatap muka dengan datang langsung ke ULT  dan online menggunakan aplikasi Silat  Dua jenis  layanan tersebut masih kurang maksimal terutama untuk kab/kota yang lokasinya jauh dari ibu kota provinsi.
 
Berikut foto-foto dari Area Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik BBPMP Jatim (sebelumnya bernama LPMP Jatim) dalam rangka menuju WBBM (Wilayah Bersih Bebas Melayani): 
 
Dokumentasi foto tahun 2022
 
 
 
 
 
Dokumentasi foto tahun 2021