Penataan Tata Laksana

 
Penataan tatalaksana bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur pada Zona Integritas menuju WBBM.
 
 
Target
 
(1) Meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen pemerintahan; (2) Meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen pemerintahan; (3) Meningkatnya kinerja Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur.
 
Untuk mencapai target tersebut Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur. melakukan upaya dengan indikator-indikator sebagai berikut:
 
Pemenuhan
 
Prosedur Operasional Standar (POS):
(1) Menyusun Peta Proses Bisnis BBPMP berdasar Peta Proses Bisnis Kemendikbudristek dan Ditjen Paud Dasmen; (2) Menyusun POS yang mengacu pada Peta Proses Bisnis BBPMP baik POS Utama, maupun POS Inovasi; (3) Internalisasi POS melalui apel pagi, tatap muka langsung dengan petugas, web, dan Youtube; (4) Memastikan pelaksanaan tugas pegawai sesuai POS dengan memasang POS di ruang kerja dan tempat layanan; (5) Melakukan evaluasi dan Reviu POS secara periodik.
 
Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE):
(1) Pengukuran kinerja menggunakan teknologi informasi, antara lain: E SKP, dan SPASIKITA; (2) Operasionalisasi manajemen SDM menggunakan teknologi informasi, antara lain: Sinde, E Kehadiran, SIMPEG,  Dikbud HR, WA Group Pegawai BBPMP Prov. Jatim; (3) Pelayanan kepada publik  menggunakan teknologi informasi, antara lain: Silat (Sistem Layanan Terpadu), Si Pak Guru (Sistem Informasi Penilaian Angka Kredit Guru Gol IV/b ke atas), ULT Link (Unit Layanan Terpadu Daring dan Luring); (4) Laporan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik  dilakukan secara berkala catur wulan (4 bulan); (5) Inovasi dilakukan dengan mengintegrasikan SPBE Administrasi Internal dalam aplikasi berbasis android Dulur BBPMP Jatim, untuk layanan publik di aplikasi Portal Mutu.
 
Keterbukaan Informasi Publik:
(1) Telah ditetapkkan tim Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID) yang menyebarkan seluruh informasi yang dapat diakses secara mutakhir dan lengkap melalui web BBPMP Jatim; (2) Dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik secara periodik.
 
Reform
 
Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan
Adanya perubahan Penyusunan Proses Bisnis yang semula berdasar Tugas fungsi dan rincian tugas, sekarang disusun berdasar Peta proses Bisnis Kemendikbudristek dan Ditjen PDM yang telah melakukan penyederhanaan seluruh jabatan.
 
Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi
(1) Implementasi SPBE  terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien melalui : Web BBPMP Prov. Jatim dan Portal Mutu BBPMP Jatim; (2) Implementasi SPBE  terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal yang lebih cepat dan efisien melalui Web BBPMP Prov. Jatim dan Aplikasi Dulur BBPMP Jatim
 
Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat
 
Pertama, transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal yang berdampak pada efisiensi waktu dan biaya, melalui pengembangan aplikasi: Si Pemudik (Sistem Informasi Mutu Pendidikan) dan Superman (Sistem Supervisi Pendidikan)
 
Kedua, transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal yang berdampak pada efisiensi waktu dan biaya, melalui pengembangan aplikasi: Si Pirang (Sistem Informasi Persediaan Barang) dan Si Riska (Sistem Informasi Inventaris Kantor)
 
Ketiga, transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal yang berdampak pada efisiensi waktu dan biaya, melalui pengembangan layanan: Silat (Sistem Layanan Terpadu), Si Pak Guru (Sistem Informasi Penilaian Angka Kredit Guru Gol IV/b ke atas) dan ULT Link (Unit Layanan Terpadu Daring dan Luring)
 
Berikut foto-foto dari Area Penataan Tata Laksana BBPMP Jatim (sebelumnya bernama LPMP Jatim) dalam rangka menuju WBBM (Wilayah Bersih Bebas Melayani):
 
 
Peta Poses Bisnis BBPMP Prov. Jatim mengacu Peta Poses Bisnis Kemendikbudristek dan Ditjen Paud Dasmen.
 
 
 
Internalisasi Prosedur Operasional Standar (POS) ke petugas layanan ULT.
 
 
 
Prosedur Operasional Standar (POS) dengan media Youtube.
 
 
 
Aplikasi DULUR BBPMP Jatim yang mengintegrasi layanan internal BBPMP Jatim.
 
 
 
Aplikasi Portal Layanan Mutu BBPMP Jatim yang mengintegrasi layanan eksternal BBPMP Jatim.
 
 
 
Maklumat Keterbukaan Informasi Publik.
 
 
 
Layanan ULT secara Daring BBPMP Jatim