Manajemen Perubahan

 

 
 
Terobosan kami tahun 2022
 
Target prioritas pada aspek Rencana Pembangunan ZI WBBM BBPMP Provinsi Jawa Timur tahun 2022 adalah sebagai berikut.
 
Pertama, melaksanakan sosialisasi rencana kerja pembangunan ZI WBK dan WBBM tahun 2022
 
Kedua, melakukan percepatan internalisasi pembangunan ZI WBK dan WBBM melalui pelibatan anggota organisasi dalam pembangunan Zona Integritas  menuju WBK/WBBM, yaitu menyediakan form masukan /usulan terkait pembangunan ZI WBK yang akan disampaikan pada kegiatan refleksi bulanan (Rela) dan menyusun mekanisme tindak lanjut saran dan harapan pegawai
 
Ketiga, optimalisasi pelibatan pimpinan dalam pembangunan ZI WBK/WBBM melalui mekanisme petapan role model dan evaluasi role model
 
Keempat, optimalisasi peran agen perubahan dalam pembangunan ZI WBK dan WBBM dengan menetapkan agen perubahan dari setiap tingkatan struktur kepegawaia dan bagian/unsur tugas, mengoptimalkan pertemuan agen perubahan melalui forum agen perubahan, menyusun rencana aksi agen perubahan yang mengarah pada tata nilai oraganisasi “AKHLAK’ dan membentuk agen perubahan berdasarkan kontribusi atau produk yang
 
Kelima, membangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi melalui refleksi bulanan melibatkan seluruh karyawan berisi evaluasi kepegawaian dan capaian kinerja lembaga, apel pagi sebagai sarana pemberian informasi dan peningkatan disiplin pegawai yang berisi kegiatan utama cek kehadiran dan cek atribut pegawai, pemberlakuan Surat Edaran terkait punishment bagi pegawai yang tidak mengikuti apel. (sumber data dari area SDM) dan punishment terkait pegawai yang tidak melaksanakan tugasnya di jam kerja. (sumber data dari area SDM)
 
 
Keenam, memperbaiki dan menyesuaikan peta proses bisnis instansi sesuai dengan nomenklatur baru dengan mengintegrasikan peta proses bisnis dengan peta proses bisnis unit pusat, membuat POS Unit yang merupakan turunan dari POS yang diterbitkan oleh Pusat, Satker membuat POS Inovasi dan Satker menyusun POS strategis untuk kepentingan stakeholders dan POS generik untuk kepentingan internal pemangku jabatan di Satker.
 
Ketujuh, membentuk Tim Koordinasi pengendalian gratifikasi dengan bekerjasama dengan tim petugas pengendali gratifikasi (PPG) Itjen Kemendikbud.
 
Kedelapan, membentuk petugas khusus pengelolaan pengaduan masyarakat yang aktif bekerja dan melaporkan kemajuan kinerjanya secara berkala
 
Kesembilan, menyusun peta resiko dan program pengendalian internal serta mengoptimalkan peran satuan pengawasan intern yang dimiliki BBPMP Provinsi Jawa Timur untuk membantu memantau dan mengevaluasi  efektifitas pengendalian internal yang sedang berjalan.
 
Inovasi dalam Pembangunan ZI
 
Target prioritas pada aspek Inovasi dalam Pembangunan ZI adalah sebagai berikut.
 
Pertama, merancang dan melaksanakan inovasi yang menunjang pelaksanaan tugas layanan di internal BBPMP Provinsi Jawa Timur, yang meliputi melakukan penataan ulang inovasi yang telah ada untuk disesuaikan dengan tuntutan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi lembaga berdasarkan OTK yang baru dan mengintegrasikan beberapa inovasi yang memermudah pelaksanaan layanan baik internal maupun eksternal
 
Kedua, inovasi layanan internal yang dilakukan penataan ulang untuk disesuaikan dengan tuntutan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi lembaga berdasarkan OTK yang baru, meliputi Silat atau Sistem Informasi Layanan Terpadu, yaitu Sebuah program untuk meningkatkan layanan LPMP Propinsi Jawa Timur secara online, Si Pirang atau sistem informasi Permintaan Barang, yaitu Sebuah inovasi Efisiensi mekanisme permintaan barang persediaan, Si Riska, yaitu aplikasi berbasis web, yang digunakan untuk mengelola barang milik negara (BMN) yang ada di LPMP Propinsi Jawa Timur, Si Pendaki, yaitu aplikasi terintegrsai yang digunakan untuk  mengelola data kegiatan dan data peserta kegiatan di LPMPJawa Timur
 
Ketiga, inovasi layanan eksternal yang dilakukan penataan ulang untuk disesuaikan dengan tuntutan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi lembaga berdasarkan OTK yang baru, meliputi Si Pemudik yaitu inovasi percepatan  layanan pemetaan mutu untuk menghasilkan peta mutu  pendidikan setiap kabupaten dan kota pada setiap jenjang pendidikan dan satuan pendidikan, Superman yaitu sebuah inovasi untuk mengawal satuan pendidikan pada setiap kabupaten kota untuk melakukan peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan, Si Pak Guru yaitu sebuah inovasi untuk membantu  guru dalam  mempermudah guru dalam Pengusulan Angka Kredit dan memantau progres berkas pengajuannya secara online, Lored yaitu inovasi yang dikembangkan untuk melayani pendidik dan tenaga kependidikan dalam bentuk fasilitasi pengembangan profesi dan melakukan publikasi hasil pengembangan profesi baik online mauun ofline, Silat (termasuk di dalamnya Dumas - Aduan Masyarakat) yaitu inovasi untuk memberikan layanan informasi kepada masyarakat secara online dengan pendekatan responsif terkait kebutuhan informasi pendidikan dan administrasi pendidikan dan ULT-Link yaitu inovasi layanan yang merupakan pengembangan dari SILAT dan ULT yang disediakan untuk stakeholder yang berada di wilayah yang jauh (remote) yang dilakukan secara daring melalui video converence dan luring yang dilakukan dengan mendatangi langsung ke daerah
 
Berikut foto-foto produk dari para Agen Perubahan BBPMP Jatim (sebelumnya bernama LPMP Jatim) dalam rangka menuju WBBM (Wilayah Bersih Bebas Melayani):
 
Riyanto, S.Kom., M.T
 
 
 
 
 
Maryono, S.Sos., MM
 
 
 
 
 
Mochammad Rifa'i, S.Si
 
 
 
Heru Susanto, SE
 
 
 
Asaria Windaheri Haan, S.Psi
 
 
 
 
 
Dr. Amiruddin, MT