Yuk, Daftar ke Komunitas Belajar Gelombang 3 & 4

Redaksi 18 Juni 2022

Kurikulum Merdeka merupakan sesuatu yang baru sehingga di awal sekolah ingin mengimplementasikan muncul beberapa permasalahan terkait dengan pelaksanaan, cara mengkomunikasikan, dan cara menyusun kurikulum tersebut.
 
Maka salah satu terobosan Kemendikbudristek dalam mengatasi hal tersebut dengan meluncurkan fitur Komunitas Belajar
 
Fitur baru tersebut diluncurkan Kemendikbudristek agar guru-guru yang sudah bisa belajar secara mandiri dapat mengontekstualisasikan apa yang telah dipelajari dan saling berbagi praktik baik antarsekolah.
 
Tak hanya itu, yang juga menjadi target penggunaan fitur ini adalah guru-guru yang ingin belajar dengan guru lainnya. Di sini nantinya, guru-guru tersebut juga dapat mengikuti (follow) komunitas lainnya.
 
Komunitas Belajar ini juga merupakan langkah nyata Kemendikbudristek menampung harapan guru-guru supaya mendapat wadah berdiskusi tidak hanya dengan sekolah-sekolah lainnya, tetapi juga antarprovinsi
 
Dengan komunitas belajar, mereka dapat berinteraksi secara rutin untuk mendorong implementasi Kurikulum Merdeka. Selain itu, komunitas juga dapat mendorong anggotanya agar selalu berupaya meningkatkan kompetensi dirinya
 
Memang sudah ada diklat-diklat mengenai implementasi Kurikulum Merdeka. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya (di paragraf/alinea 1) masih ada masalah dalam implementasi kurikulum tersebut di lapangan sehingga perlu adanya komunitas belajar.
 
Dan yang juga tak kalah penting, komunitas belajar juga merupakan ruang untuk mengobarkan semangat dalam melakukan perubahan.
 
Bagi anda yang berminat, dapat mendaftarakan diri anda dan komunitas belajar anda untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka melalui Platform Merdeka Mengajar
 
Info selengkapnya dapat dilihat pada infografis berikut (di bawah ini):
 
 
(Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)
 

Tags: