Visi Besar di Balik Transformasi LPMP Menjadi BBPMP

Redaksi 07 November 2022

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) telah bertransformasi menjadi Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP).
 
Menurut Dr Iwan Syahril Ph.D, Dirjen Paud Dikdasmen Kemendikbud Ristek, transformasi ini bukan sekadar perubahan nama. Transformasi itu mengandung konsekuensi pada perubahan budaya kerja.
 
Hal ini ditegaskan oleh Iwan Syahril ketika berkunjung ke kantor BBPMP Jawa Timur di Surabaya, beberapa waktu lalu (Jumat, 4/11/2022).
 
“LPMP menjadi BBPMP bukan sekadar berubah nama. Ini adalah transformasi. Ada perubahan cara bekerja, mindset budaya kerja, dan orientasi kerja,” kata Iwan Syahril.
 
Pernyataan itu disampaikan Iwan Syahril kepada para staf BBPMP Jatim agar mereka tidak lagi berpikir dan bekerja dengan cara LPMP.
 
“Dalam menjalankan tugas-tugas, bagaimana melakukan pendekatan-pendekatan dari tugas dan fungsi yang disampaikan, beda dengan sebelumnya. Tidak sama lagi karena kita melakukan transformasi,” sambungnya.
 
Menurut Iwan, transformasi di UPT Kemendikbud Ristek ini adalah hal yang sangat penting untuk mewujudkan transformasi ekosistem pendidikan di Indonesia.
 
Kemendikbudristek yakin, di era desentralisasi dan otonomi daerah, pemerintah daerah memiliki kewenangan yang perlu didukung dan dibantu dalam mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan di daerah masing-masing.
 
Hal itu salah satunya akan diwujudkan melalui program Merdeka Belajar.
 
“Merdeka Belajar adalah bagian dari kebijakan untuk mentransformasi Indonesia. Kita bermimpi Indonesia maju. Itu hanya bisa diwujudkan dengan adanya SDM unggul. Sedangkan SDM yang unggul adalah core-nya pendidikan,” ujarnya.
 
Selain itu, diyakini pula bahwa UPT Kemendikbud Ristek memegang peranan kunci. Bukan lagi sekadar menjalankan instruksi dari pusat, apalagi menghabiskan anggaran
 
“BBPMP adalah bagian dari keluarga besar Kemendikbud Ristek. Jadi bersama-sama mari wujudkan visi dan misi bangsa kita. Kita harus jalankan strategi besar dan bisa melaksanakannya dengan baik, untuk transformasi ekosistem di daerah masing-masing. Itulah (spiritnya) BBPMP,” pungkasnya. (Bagus Priambodo/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: