Tips Lulus Topik Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar

Redaksi 12 September 2022

Akun belajar.id adalah harta karun bagi guru dan kepala sekolah untuk bisa mengimplementasi kurikulum merdeka. Namun, hingga kini akun ini belum dimanfaatkan maksimal untuk mengakses Platform Merdeka Mengajar (PMM).
 
Hal ini dikatakan Dr. Dwi Ilham Rahardjo, Ketua Akademis Pokja Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jatim saat webinar Percepatan IKM dan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) bagi PKBM/SKB se Jawa Timur beberapa waktu lalu (Senin, 5/9/2022).
 
Menurut Ilham, bukti belum dimanfaatkannya akun belajar.id ini bisa dilihat dari banyaknya sekolah di Jatim yang sudah mendaftarkan diri sebagai pelaksana kurikulum merdeka secara mandiri, namun belum melakukan login di PMM.
 
Selengkapnya tentang webinar ini dapat disimak pada video di bawah ini: 
 
 
 
Simak juga beberapa epidose pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) berikut:
 
 
 
 
 
Data per tanggal 29 Agustus 2022, dari 24.196 sekolah di Jatim yang mendaftar, ada 91 persen yang sudah login di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Berarti, masih ada sekitar 9 persen yang belum login.
 
Dari jumlah itu pun yang sudah masuk ke pelatihan mandiri baru 53 persen, itu juga belum semua lulus dalam semua topik yang diberikan.
 
Data per tanggal 3 Agustus 2022, baru ada 35,1 persen sekolah yang sudah lulus topik. Jumlah ini lalu meningkat hingga tanggal 3 September 2022 yang mencapai sekitar 63 persen.
 
Dijelaskan Ilham, ada tujuh topik yang harus diselesaikan dalam pelatihan mandiri yakni, Merdeka Belajar, Kurikulum, Profil Pelajar Pancasila, Perencanaan Pembelajaran, Asesmen, Penyesuaian Pembelajaran dan Proyek Penguatan Profil Pancasila.
 
Untuk bisa menyelesaikan topik ini, menurut Ilham syaratnya hanya satu yakni mau meluangkan waktu, baik pagi setelah mengajar, siang atau sore di kala senggang.
 
“Kalau selesai 1 topik, nanti topik-topik lainnya sama, tinggal mengikuti," katanya.
 
Ilham pun memberikan tips agar lulus topik, salah satunya pada tahap post test.
 
“Lihat, fokus ke tampilan video yang ditayangkan. Jawabannya ada semua di video sehingga lulus post test. Soal rata-rata 10 setiap modul,” terangnya.
 
Setelah  lulus post test ini, langkah berikutnya harus mengunggah aksi nyata.
 
Banyak pilihan aksi nyata yang bisa diunggah, mulai dari video, power point teks (PPT), membuat presentasi hingga  membuat essay.
 
Jika ini sudah diupload, maka sudah bisa dinyatakan lulus satu topik.
 
“Satu guru yang lulus berarti di sekolah itu sudah lulus. Bisa diawali kepala sekolah dulu atau guru atau sama-sama. Harapan kami bapak ibu sudah bisa lulus topik,” ujar Ilham.
 
Di webinar ini, Ilham memberikan tutorial mulai dari bagaimana login PMM hingga  menerangkan tahap per tahap sampai bisa menyelesaikan topik pembelajaran.
 
Selain platform merdeka mengajar, Ilham juga menerangkan tentang komunitas belajar yang harus dibentuk di masing-masing sekolah.
 
Komunitas belajar ini bisa dibentuk ketika satuan pendidikan faham bagaimana melaksanakannya
 
Dia mencontohkan di Kabupaten Magetan yang pada awal Agustus 2022 hanya ada satu komunitas belajar, namun ketika banyak satuan pendidikan yang faham dan menyadari pentingnya hal ini, maka mereka langsung tergugah untuk melaksanakannya hingga akhirnya jumlahnya melejit menjadi 129 komunitas.
 
“Ayo!, baik di tingkat SD, SMP dan semua jenjang pendidikan berlomba-lomba segera mendaftar di gelombang 7. Sekarang masih ditutup, tunggu informasi pembukaan di gelombang 7,” serunya. (Bagus Priambodo/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: