Tenaga PTP di LPMP Jatim Tambah Enam Orang

Redaksi 08 September 2019

Berkembangnya kemajuan teknologi dan informasi yang sangat pesat harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang mampu menguasai bidang teknologi sesuai dengan perkembangan zaman.

(Keterangan foto: PTP baru dari LPMP Jatim dari kiri ke kanan - Rahadia Wiyoshastono, Indrianto Setyo Basori, Dr. Bambang Agus Susetyo (yang juga merangkap sebagai Plt. Kepala LPMP Jatim), Setyo Rini & Yeeryzkhe Githasari Lieztyanto di sela acara pelantikan sebagai PTP (Pengembang Tekonologi Pembelajaran) di Grha Tama Kemendikbud)

Menurut Kepala Seksi Sistem Informasi LPMP Jawa Timur, Maryono saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat (6/9/2019), salah satu profesi yang harus dikembangkan yaitu profesi dalam bidang teknologi pendidikan/teknologi pembelajaran.

Ia menyebutkan, LPMP Jawa Timur sendiri sebelumnya telah memiliki tenaga fungsional tertentu di bidang Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) sebanyak dua orang.

Saat ini bertambah enam orang PTP yang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dilantik bersamaan dengan pelantikan pejabat tinggi pratama, administrator, pengawas, dan pejabat fungsional lain di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Grha Tama Kemendikbud, Jakarta hari ini

Teknologi memang menjadi media yang sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran baik oleh pendidik maupun peserta didik.

Maryono menegaskan, teknologi pembelajaran akan berkembang dan bermanfaat dengan baik apabila ada tenaga yang menanganinya, yaitu tenaga yang ahli dan terampil dalam melaksanakan kegiatannya.

“Selain itu, mereka juga harus profesional dalam menjalankan pekerjaannya sesuai dengan kawasan teknologi yang akan dikerjakan,”imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, Pengembang Teknologi Pembelajaran mempunyai beberapa tugas pokok, diantaranya menganalisis dan mengkaji sistem atau model teknologi pembelajaran, merancang sistem atau model teknologi pembelajaran, memproduksi media pembelajaran, menerapkan sistem atau model dan memanfaatkan media pembelajaran, mengendalikan sistem atau model pembelajaran, serta mengevaluasi penerapan sistem atau model dan pemanfaatan media pembelajaran.

“Itu diatur dalam Permenpan No. PER/2/M.PAN/3/-2009 tentang Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran dan Angka Kreditnya,” tambahnya.

Di bab I pasal 1 disebutkan, teknologi pembelajaran adalah suatu bidang yang secara sistematik memadukan komponen sumber daya belajar yang meliputi: orang, isi ajaran, media atau bahan ajar, peralatan, teknik, dan lingkungan, yang digunakan untuk membelajarkan peserta didik pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan

Pasalnya Maryono optimis, profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran akan dapat secara maksimal merancang suatu pembelajaran yang kreatif, inovatif dan juga menarik, yaitu sebagai pengembang desain pembelajaran, pengembang multi pembelajaran, dan penyedia sumber belajar.

Oleh karenanya, Maryono berharap para PTP di LPMP Jawa Timur termasuk yang hari ini dilantik dan dua diantaranya berasal dari ‘Seksi Sistem Informasi’ (Wahsun & Rahadia Wiyoshastono), mampu memberikan manfaat untuk sebuah praktik pembelajaran, baik mendesain, pengembangan bermacam-macam pembelajaran, ataupun yang paling penting lagi sebagai penyedia sumber belajar bagi pendidik maupun peserta didik. (Bagus Priambodo)

Tags: