Sukses Yatini Menata Ulang Karakter Siswa

Redaksi 22 Februari 2019

Jelajah Kepala Sekolah Prestasi - SMKN 1 Lengkong Nganjuk sejak 1 April 2016 sampai 2018 dipimpin oleh ibu Dra. Yatini, M.Si., menuai beberapa penghargaan. Berbagai prestasi telah diraihnya. Pada tahun 2018 meraih Juara I Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) UKS Tingkat Kabupaten Nganjuk. Proses meraih prestasi ini tidak mudah, persaingannya ketat. Berbagai upaya dilakukan untuk membuat lingkungan sekolah betul-betul sehat dan bersih. Pada Tahun 2018 juga mendapat Juara II Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) UKS Tingkat Jawa Timur.

Prestasi yang prestise tersebut tidaklah ujug-ujug, melainkan melalui proses panjang. Pelatihan demi pelatihan dilakukan agar warga sekolah, khususnya peserta didik memiliki karakter cinta lingkungan bersih dan sehat. Mengubah karakter memang tidak mudah. Butuh waktu lama untuk pengkondisian. Dengan pengkondisian yang efektif menjadikan peserta didik terbiasa hidup bersih dan menyehatkan. Cinta lingkungan yang menggelora menjadikan energi yang kuat untuk melakukan sesuatu dengan ringan dan mudah.

Karakter peserta didik cinta lingkungan, cinta hidup bersih dengan cara yang sehat, rasa memiliki sekolah yang tinggi tidak terlepas dari upaya program sekolah. Kepala sekolah dengan program “Kewiraan untuk pendidikan karakter” mampu menjadi pengungkit peserta didik berkarakter. Selama ini masyarakat memandang sebelah mata melihat karakter anak SMK. Masyarakat mendengar kata “SMK”, yang dibayangkan adalah “Tawuran, kenakalan remaja, sering bolos, sulit diatur.” Bagi ibu Yatini, “SMK adalah tantangan.” Anggapan masyarakat yang miring itu betul-betul menjadi tantangan. Program Kewiraan menjadi taruhan. Walhasil tidak terlalu lama dapat dilihat hasilnya. Program kewiraan untuk pendidikan karakter mampu menata ulang karakter peserta didik menjadi lebih baik.

Program keputrian tiap jumat jam 11.45 – 12.30 bagi peserta didik putrid yang dibina oleh bu guru mampu mendulang karakter yang lebih baik. Banyak peserta putri yang lebih giat belajar, gemar membaca, rajin mebuat karya, kerajinan tangan, membuat lebih kreatif, terutama merawat lingkungan hidup.

Kekuatan cinta lingkungan menjadikan SMKN 1 Lengkong tampak bersih, asri, indah dan memesona. Pesona SMKN 1 Lengkong Nganjuk yang memikat siapa pun yang melihat tidak terlepas dari sentuhan seorang pemimpinnya. SMKN 1 Lengkong memiliki miniator Kabah lengkap dengan asesorisnya. Siapa pun yang datang dibikin merinding. Betapa tidak. Baru kali ini ada SMKN memiliki miniature Kabah. Sungguh tidak disangka. Biasanya miniature Kabah dimiliki madrasah bukan sekolah.

Ternyata prestasi bu Yatini bukan hanya di sekolah yang dipimpinnya. Beliau juga pernah menjadi Kepala Sekolah Prestasi di kabupaten Nganjuk. Hal ini luar biasa, mampu menyisihkan ratusan Kepala sekolah di Nganjuk. Pada tahun yang sama bu Yatini juga pernah meraih 20 besar Kepala Sekolah Prestasi tingkat Jawa Timur jenjang SMK. (Marjuki - Widyaiswara LPMP Jatim & Ketua IGI Jatim)

Tags: