Sudah Tersedia di PMM, Guru Didorong Manfaatkan Buku Teks Pelajaran

Redaksi 30 Juni 2022

Berbagai dukungan telah disiapkan oleh Kemendikbudristek dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)  secara mandiri.
 
Dukungan-dukungan itu meliputi Platform Merdeka Mengajar, menggelar berbagai Seri Webinar, Komunitas Belajar, rekomendasi narasumber, hingga pembentukan Pusat Layanan Bantuan (Helpdesk) dan mitra pembangunan untuk kerjasama.
 
Namun ternyata, masih ada bentuk dukungan lain yang telah disiapkan Kemendikbudristek, yakni akses terhadap buku pelajaran, baik buku teks pelajaran berbentuk cetak maupun buku dalam format digital.
 
Surat Edaran mengenai IKM Mandiri dapat dilihat di sini
 
 
Untuk buku teks pelajaran berbentuk cetak, dapat dipesan satuan pendidikan melalui SIPLAH (Sistem Informasi Pengadaan Sekolah) atau e-Katalog. Untuk mendapatkan buku teks berformat cetak ini, satuan pendidikan dapat menggunakan anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP), Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA), atau melalui dana yayasan, dana mandiri, dan sumber-sumber pendanaan lainnya.
 
Sedangkan untuk mendapatkan buku teks pelajaran berbentuk digital, satuan pendidikan sudah bisa mengaksesnya secara cuma-cuma melalui Platform Merdeka Mengajar.
 
Platform Merdeka Mengajar adalah langkah lanjutan dari upaya transformasi pendidikan berbasis digital di Indonesia, yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Platform ini menyediakan berbagai materi mengajar yang dapat diterapkan langsung di kelas, serta berbagai materi pelatihan yang dapat menunjang guru dalam berkarya dan meningkatkan kompetensi.  
 
Di Platform tersebut, guru atau kepala sekolah, dapat mengakses dengan memilih fitur perangkat ajar hingga kemudian akan dibawa ke halaman di mana mereka bisa memasukkan mata pelajaran dan fase yang hendak dicari, lalu memilih perangkat ajar berupa buku.
 
Untuk mengakses platform Merdeka Mengajar, saat ini baru bisa dilakukan menggunakan perangkat berbasis Android atau web browser.  Apabila dilakukan melalui web browser, alamat yang dituju adalah https://guru.kemdikbud.go.id.
 
Namun, beberapa produk dan fitur di Platform Merdeka Mengajar saat ini sudah memungkinkan untuk diakses secara luring atau offline, misalnya dengan mengunduh materi perangkat ajar ke gawai.
 
Walaupun buku teks pelajaran sudah tersedia di platform Merdeka Mengajar, namun sesuai dengan prinsip pembelajaran paradigma baru, para guru sangat disarankan untuk menggunakan materi dari berbagai sumber lain dalam rangka memperkaya materi dari buku teks. (Sumber: 6 Strategi IKM/Bagus Priambodo/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

Tags: