Sosialisasi SPMPDM kepada Sekolah Binaan Tahun 2020

Redaksi 31 Juli 2020

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Sistem Pendidikan Nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia.

Selanjutnya dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah diamanatkan bahwa pendidikan merupakan urusan pelayanan dasar yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Untuk melaksanakan urusan pendidikan ini, dalam lampiran undang-undang tersebut tertera dengan jelas pembagian kewenangan urusan pendidikan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah, ditegaskan bahwa satuan pendidikan harus menjalankan budaya mutu pendidikan.

Untuk melaksanakan hal tersebut, Sekolah Binaan perlu mendapatkan sosialisasi dalam melaksanakan SPMPDM dimasa pandemi ini.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 28 Tahun 2016, Satuan Pendidikan harus menjalankan sistem penjaminan mutu pendidikan agar terwujud budaya mutu pendidikan.

Di sisi lain, tahun 2020 ini seluruh dunia terkena pandemi Covid-19 sehingga berimbas terhadap proses pendidikan di Indonesia.

Untuk itu perlu dikembangkan suatu sistem dan mekanisme implementasi penjaminan mutu pendidikan yang memberi arahan/pedoman bagi semua pemangku kepentingan dalam menjalankan penjaminan mutu pendidikan ditengah pandemi Covid-19 dan menuju kehidupan normal baru di bidang pendidikan.

Melalui Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah (SPMPDM) kepada Sekolah Binaan melalui daring yang diselenggarakan oleh Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan LPMP Jawa Timur dalam beberapa gelombang, harapannya, selain mampu memberikan penguatan kepada Sekolah Binaan mengenai Permendikbud Nomor 28 Tahun 2016 terkait implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah (SPMPDM), dapat pula memberikan gambaran networking dalam pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah (SPMPDM) kepada Sekolah Binaan dalam melaksanakan tugas dan fungsi penjaminan mutu pendidikan khususnya di era pandemi Covid-19, dan memberikan arahan dalam menyusun grand desain implementasi SPMPDM di era pandemi serta strategi new normal dalam Sistem Penjaminan Mutu Pendidik

Berikut materi-materi kegiatan ini (diambil dari gelombang kelima) yang dapat diunduh (didownload): Panduan Sosialisasi SPMPDM ke Sekolah BinaanEvaluasi SPMPDM Tahun 2019Implementasi SPMPDM di Masa PandemiLembar Kerja Validasi Rapor MutuLembar Kerja Pemetaan Mutu & Lembar Kerja Evaluasi SPMPDM Tahun 2019

Silahkan unduh (download) juga materi-materi pengayaan berikut (diambil dari gelombang kelima): Buku Saku Pembelajaran di Masa PandemiIndikator Mutu dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan MenengahLampiran Salinan Keputusan Bersama 4 MenteriSalinan Keputusan Bersama 4 MenteriSurat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Surat Edaran Sesjen Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020

Rekaman video atau audio kegiatan: -- on progress --

Tags: