Sosialisasi PMP Prov. Jatim Tahun 2020

Redaksi 01 Agustus 2020

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Sistem Pendidikan Nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia.

Selanjutnya sebagaimana diamanatkan di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005, setiap Satuan Pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan.

Lihat juga berbagai event LPMP Jawa Timur di masa pandemi di 'Etalase New Normal' (Event kita lagi selama normal baru)

Penjaminan mutu pendidikan tersebut bertujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan.

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) merupakan suatu kegiatan yang meliputi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

SPMI merupakan kegiatan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan yang dilaksanakan dalam satu siklus penjaminan mutu pendidikan meliputi tahap penetapan standar, tahap pemetaan mutu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap monitoring dan evaluasi. Selain SPMI, pemerintah juga telah menetapkan berbagai program kegiatan lain yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kapabilitas peserta didik, antara lain program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Kurikulum 2013, dan Gerakan Literasi Sekolah.

Semua program tersebut selayaknya dilakukan secara terpadu, bukan terpisah-pisah yang akan mempermudah satuan pendidikan melaksanakan pencapaian mutu.

Dalam rangka menghadapi tantangan dan perubahan yang terjadi di dalam negeri maupun di lingkungan global, berbagai kebijakan baru dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kebijakan ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing lulusan dalam menghadapi tantangan dan perubahan tersebut.

Berbagai kebijakan tersebut di antaranya adalah merdeka belajar, sekolah dan guru penggerak, dan pembelajaran jarak jauh.

Untuk menyatukan persepsi dan menyinkronkan semua kegiatan dalam rangka penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan, perlu ada koordinasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan pemerintah daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut maka Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi menyelenggarakan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Timur tahun 2020 yang dilaksanakan dalam 2 (dua) angkatan. Angkatan 1 pada tanggal 27 Juli 2020, Angkatan 2 pada tanggal 28 Juli 2020 via daring (Video Conference) 

Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan bertujuan untuk menyatukan langkah dan menyeragamkan gerak kegiatan Penjaminan Mutu Pendidkan yang akan dijalankan pada tahun 2020 di wilayah masing-masing serta menyosialisasikan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 kepada pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Berikut materi-materi kegiatan ini yang dapat diunduh (didownload): Panduan Sosialisasi SPMP Tahun 2020Evaluasi Pemetaan MutuEvaluasi Pengumpulan Data MutuEvaluasi Program Kemitraan dengan Pemerintah DaerahEvaluasi Program Sekolah Binaan SPMIEvaluasi Program Supervisi MutuKebijakan Kemendikbud Tahun 2020Paparan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa TimurPerubahan Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan Penjaminan Mutu Pendidikan Berbasis OnlinePortal Data PendidikanProgram Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2020 (teknis) Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2020

Rekaman video atau audio kegiatan: -- on progress --

Tags: