Sosialisasi Penjaminan Mutu 2018

Redaksi 17 Juli 2018

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 yang diperbaharui dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan diamanatkan bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan. Penjaminan mutu pendidikan tersebut bertujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan.

Penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan pendidikan dasar dan menengah merupakan tanggungjawab satuan pendidikan yang harus didukung oleh pemerintah daerah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangan masing-masing serta peran serta masyarakat. Pada tingkat Pemerintah Pusat (selanjutnya disebut Pemerintah) penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri serta instansi terkait lainnya. Sedang pada level Provinsi penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan Provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Kantor Wilayah Departemen Agama. Untuk tingkat Kabupaten/Kota dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota.

Peran LPMP dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sangat besar dalam implementasi program penjaminan mutu di daerah. LPMP berkewajiban melakukan supervisi pada pelaksanaan penjaminan mutu di satuan pendidikan. Sedangkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mempunyai kewajiban memfasilitasi setiap kegiatan yang berkaitan dengan penjaminan mutu di wilayah kerjanya. Pelaksanaan penjaminan mutu pada seluruh level ini bertujuan untuk mewujudkan budaya mutu di satuan pendidikan. Dengan demikian satuan pendidikan diharapkan mampu melaksanakan budaya mutu pada layanan pendidikannya. 

Berdasarkan hal tersebut di atas maka LPMP Jawa Timur pada tanggal 27 s.d 29 Maret 2018 bertempat di Hotel Utami – Sidoarjo telah melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan yang dibiayai dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) LPMP Jawa Timur Tahun 2018 diikuti oleh 38 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur, 31 Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan Narasumber pada kegiatan Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 terdiri dari tiga unsur, yaitu narasumber pusat, narasumber pejabat eselon dan narasumber daerah. 

Sosialisasi ini bertujuan antara lain untuk melakukan evaluasi program Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2017, melakukan sosialisasi rencana program Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2018, menyamakan persepsi dalam implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di Provinsi Jawa Timur dan meningkatkan peran dan fungsi TPMPD Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan di daerah.

Tags: