Shourt Course Penulisan Kreatif Salah Satu Program Unggulan LPMP Jawa Timur

Redaksi 25 Agustus 2018

Penulis yang baik biasanya punya kemampuan komunikasi, piawai dalam melontarkan gagasan, dan cermat dalam berlogika. Penulis pada umumnya juga pandai bertutur atau storytelling.

Menjadi penulis yang baik, kini benar-benar sebuah tuntutan. Jurus storytelling semakin dibutuhkan di zaman digital yang serba bergegas. Berbagai produk dan kampanye perubahan social menggunakan jurus storytelling, yang dasarnya adalah menulis.

Tony Wagner dari Harvard's Change Leadership Group dalam bukunya The Global Achievement Gap menyebutkan, dunia saat ini bergerak dari ekonomi industry menuju ekonomi berbasis pengetahuan.

Wagner mengidentifikasi skill yang dibutuhkan untuk beradaptasi di zaman kini dan masa datang, antara lain adalah kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, kolaborasi, serta kemampuan komunikasi lisan dan tulisan.

Menjawab kebutuhan tersebut, Tim Lorong Redaksi (Lored), bagian dari LPMP Jawa Timur, akan meluncurkan beberapa short course/kelas menulis (literasi populer produktif), khususnya bagi Guru dan Siswa, termasuk yang ingin mendalami pengetahuan dan pengalaman di bidang jurnalistik.

Untuk Anda penikmat perjalanan dan penggemar kuliner, bisa mengambil Kelas Menulis Feature. Buat Anda yang bercita-cita menjadi novelis bisa mengikuti Kelas Fiksi.

Nantinya akan ada juga Kelas Ilustrasi dan pilihan kelas lain sesuai kebutuhan Anda

Selain itu terdapat pula short course literasi ilmiah (non populer) baik daring (online) maupun tatap muka langsung seperti: (1) Literat dengan blended learning; (2) Menulis artikel jurnal; (3) Menulis buku teks pelajaran; (4) Menulis buku pedoman/panduan pembelajaran; (5) Menciptakan karya inovatif; (6) Pembelajaran abad 21; (7) Menyusun soal ujian; dan (8) Menulis makalah seminar

Para trainer baik di kelas literasi ilmiah maupun popular akan menemani Anda menggali dan menajamkan ide-ide tulisan. Mereka ini dengan asyik dan gembira menemani Anda mengemas gagasan menjadi tulisan yang menarik dan runut. Untuk menjaga kualitas, peserta, dan agar proses belajar berjalan nyaman dan intensif, kelas dibatasi untuk 20 orang.

Beberapa short course literasi teknologi dan media pun turut digagas, dua diantaranya "google education" dan "how to use magazine creatively in the classroom".

Peserta short course ditujukan juga ke internal LPMP JawaTimur yang berminat. Peserta akan mendapat materi short course (yang telah tercopy di flashdisk), sertifikat, konsumsi selama pelatihan, dan secara rutin mendapatkan hardcopy Majalah dan Jurnal LPMP Jawa Timur selama 2 tahun (bagi peserta eksternal lembaga).

Rencananya kelas akan terselenggara jika peserta berjumlah minimal delapan orang. (BagusPriambodo)

Tags: