Sektor Swasta & Nirlaba Dukung Kemendikbud Ristek Revitalisasi UKS

Redaksi 24 Agustus 2022

Sehat bergizi, sehat fisik, dan sehat imunisasi adalah tiga pilar penting dalam kampanye Sekolah Sehat yang diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Sekolah dasar (SD) Negeri Muara Kapuk 03, Jakarta, pada Selasa (23/08).

Mengusung tema Revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) melalui Sekolah Sehat, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan kegiatan ini bukan hanya sekadar program, tetapi Sekolah Sehat merupakan sebuah gerakan bersama dari berbagai pihak mulai dari pemerintah, sekolah, peserta didik, orang tua, hingga mitra swasta serta nirlaba.

“Mari kita gerakkan kampanye Sekolah Sehat agar anak-anak Indonesia bisa belajar dengan merdeka dalam keadaan sehat,” tutur Mendikbudristek.
 
Akses juga berita-berita dan siaran pers yang lain dari Kemendikbudristek

Untuk mewujudkan Sekolah Sehat, hingga saat ini, lebih dari 12.450 sekolah di seluruh Indonesia telah dan akan menerima kontribusi dari beberapa mitra seperti Awina Sinergi Internasional, Danone Indonesia, Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ), KAO Indonesia, Maleo Group, Nestle, Nutrifood, Save the Children Indonesia, Twitter, Uni-Charm, dan Unilever untuk mewujudkan Sekolah Sehat.

President Director PT KAO Indonesia, Masahide Nishida mengatakan pihaknya selalu berkomitmen untuk memberikan dukungan terkait promosi edukasi kesehatan dan kebersihan di sekolah. Tahun ini, PT. KAO Indonesia telah berkeliling ke 50 sekolah pada lima provinsi di Indonesia untuk mengampanyekan Sekolah Sehat melalui Program Edukasi Anak Kreatif, Aktif, dan Optimis (KAO).

“Kami ajarkan cara cuci tangan yang bersih, bagaimana berperilaku hidup sehat sehari-hari, dan gizi seimbang. Tidak kalah penting, kami juga ajarkan kesehatan mental kepada anak-anak karena saat ini adalah masa peralihan pascapandemi,” ujar Masahide.

Sebagai salah satu sektor privat yang ada di Indonesia, Masahide berharap anak-anak di Indonesia sebagai generasi muda dapat beradaptasi di tengah situasi pandemi dengan menjalani pola hidup sehat. “Kami yakin anak-anak adalah agen perubahan untuk Indonesia yang lebih baik dan pola hidup sehat ini bisa di terapkan juga kepada teman-teman dan keluarganya untuk masa depan Indonesia yang lebih baik,” tutur Masahide.

Senada dengan itu, Vice President General Sekretaris Danone Indonesia, Vera  Galuh merasa senang dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk mendukung Kampanye Sekolah Sehat melalui beberapa program yang dilaksanakan oleh pihaknya.

Pertama, menjaga lingkungan sekolah bersih dengan mengajarkan cara penanganan sampah. “Kita telah membuat modul dengan topik ‘Sampahku, Tanggungjawabku’. Jadi kita mengajarkan anak-anak mengelola sampah agar lingkungan selalu bersih,” tuturnya.

Kedua, mengajarkan bagaimana menjalani pola hidup sehat dengan asupan air minum yang cukup karena data menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia kekurangan air minum. Ketiga, mengajarkan bagaimana menjaga asupan gizi anak-anak.

“Kita juga punya modul ‘Kantin Sehat’. Seperti apa asupan gizi dan jenis makanan yang perlu disediakan oleh Kantin Sehat,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan Sekolah Sehat, Vera berharap banyak mitra lainnya turut berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kemendikbudristek. “Untuk mewujudkan Sekolah Sehat, sekolah tidak bisa berjalan sendiri. Mari bersama-sama bergotong royong mewujudkan Sekolah Sehat sehingga tercipta generasi yang sehat dan maju untuk bangsa Indonesia,” ucapnya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin juga turut mendukung adanya program Revitalisasi UKS melalui Sekolah Sehat. Menurutnya, program tersebut dapat dicapai dengan optimalisasi peran dan fungsi organisasi tim pembina UKS pada setiap jenjang sekolah, peran serta peserta didik, guru, orang tua, komite sekolah serta masyarakat.

“Dengan terciptanya Usaha Kesehatan Sekolah yang efektif diharapkan dapat mendukung terciptanya peserta didik yang sehat dan berkualitas yang merupakan investasi bangsa. Sehat sekolahku, Sehat Indonesiaku,” jelas Menkes. (www.kemdikbud.go.id/Judul asli berita: Sektor Swasta dan Nirlaba Dukung Kemendikbud Ristek Revitalisasi UKS melalui Sekolah Sehat/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari www.kemdikbud.go.id)

Tags: