Rencana Gabungnya LPMP & BP PAUD

Redaksi 04 Oktober 2020

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD Dikmas) direncanakan akan digabung menjadi Balai Besar Peningkatan Mutu Pendidikan (BPPMP).

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Fungsi Sistem Informasi LPMP Provinsi Jawa Timur, Maryono S.Sos, M.M, dalam acara Apel Pagi, Rabu lalu (30/9/2020).
 
Baca juga: Penataan UPT PAUD Dikdasmen dan Pembentukan UPT GTK

"Kemarin bersama Kepala LPMP Provinsi Jawa Timur Pak Rizqi, Kasubag TU Pak Rustam, kita ke IPS dalam rangka persiapan audiensi dengan Ibu Gubernur Jawa Timur," ujarnya.

"Nanti kita agendakan juga untuk koordinasi dengan pihak dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur."

Maryono mengungkapkan, penggabungan ini diharapkan akan ada di 34 provinsi di Indonesia.

BPPMP nantinya bertugas untuk meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan non formal berdasarkan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Sementara itu, untuk PPPPTK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) IPS (P4TK IPS) akan menjadi Balai Besar Guru Penggerak.

"Untuk revitalisasi pembentukan UPT yang ada di Direktorat Jenderal GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan), kalau di Jawa Timur ada P4TK IPS, nanti akan menjadi Balai Besar Guru Penggerak," ungkapnya.

Untuk itu, Maryono pun meminta dukungan dari segenap internal LPMP Provinsi Jawa Timur agar rencana-rencana ini berjalan lancar.

"Semoga Kamis (1/10/2020) bisa audiensi (dengan Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah) untuk mendapat rekomendasi peralihan untuk penggabungan revitalisasi organisasi dari LPMP dengan BP PAUD jadi satu Balai Besar Peningkatan Mutu Pendidikan," jelasnya. (Bagus Priambodo/Judul asli berita: LPMP dan BP PAUD Direncanakan Akan Bergabung Menjadi BPPMP)

Tags: