PMM Sediakan Lebih dari 2.000 Referensi Perangkat Ajar berbasis Kurikulum Merdeka

Redaksi 12 Juli 2022

Platform Merdeka Mengajar (PMM) memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para guru agar proses belajar mengajar lebih mudah dan maksimal.

Contohnya dalam Kegiatan Belajar Mengajar, ada Asesmen Murid (siswa) dan Perangkat Ajar yang telah disediakan.

Perangkat Ajar menyajikan berbagai referensi perangkat ajar berkualitas yang bisa diunduh dan dibagikan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar guru.

Saat ini tersedia lebih dari 2.000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka.

Guru di satuan pendidikan dapat memilih alur tujuan pembelajaran dan modul ajar yang dibutuhkan yang bisa langsung digunakan, revisi juga bisa dilakukan sesuai kebutuhan.

"Fasilitas ini luar biasa sekali, maka sayang sekali jika kita tidak memanfaatkannya dengan baik," ujar Widyaprada BBPMP Provinsi Jawa Timur, Dr. Kusnohadi dalam acara "Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri di Provinsi Jawa Timur Gelombang 2 Tahun 2022" beberapa waktu lalu, Rabu (6/7/2022).
 
 
Sumber: Kanal You Tube BBPMP Provinsi Jawa Timur

Kemudian, dalam Asesmen siswa, guru dapat melakukan analisa diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan level kemampuan siswa (Teaching at the Right Level).

Dalam Pengembangan Kompetensi Guru, di PPM tersedia Pelatihan Mandiri, Video Inspirasi, hingga Bukti Karya Saya.

Untuk Pelatihan Mandiri, guru dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan cara mengaksesnya secara mandiri.

Produk Pelatihan Mandiri meliputi beberapa hal

Pertama, Pembelajaran Materi - bagian teori dari modul belajar. Guru disajikan dengan materi dalam bentuk video maupun teks.

Kedua, Latihan Pemahaman - bertujuan untuk mengonfirmasi pemahaman guru, berisikan pertanyaan singkat untuk memastikan materi tertangkap dengan benar oleh guru.

Ketiga, Cerita Reflektif - setelah mempelajari materi, guru diminta untuk merefleksikan pembelajaran yang didapatkan dari materi tersebut.

Keempat, Post Test - lembar pengisian untuk mengevaluasi pemahaman modul.

Kelima, Aksi Nyata - bentuk praktik pemahaman guru terhadap topik yang dipelajari dalam pelatihan mandiri. Aksi Nyata juga merupakan aktivitas terakhir untuk menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri. Setelah melakukan Aksi Nyata, guru perlu mendokumentasikannya ke dalam dokumen tertulis dan melengkapi lembar Aksi Nyata di PPM.

Dalam Video Inspirasi, guru dapat mendapatkan berbagai video inspiratif yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan para ahli untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas.

Sedangkan, dalam Bukti Karya Saya, guru dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi.

Bukti Karya Saya merupakan tempat dokumentasi karya guru, karya yang terdokumentasi di sini juga dapat dibagikan ke rekan sejawat untuk mendapatkan umpan balik sehingga bisa saling belajar dan menginspirasi.

Aplikasi Merdeka Mengajar dapat diunduh di Google Play Store ataupun diakses di laman situs https://guru.kemdikbud.go.id/

Untuk dapat masuk ke beberapa produk PPM, guru dapat menggunakan akun belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id. (Bagus Priambodo/Judul asli berita: Platform Merdeka Mengajar Sediakan Lebih dari 2.000 Referensi Perangkat Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

Tags: