Platform Merdeka Belajar, Mudahkan Guru Implementasikan Kurikulum Merdeka

Redaksi 23 Juni 2022

Kemendikbudristek telah menyiapkan sejumlah dukungan untuk mewujudkan kurikulum merdeka. Salah satunya adalah Platform Merdeka Mengajar. Melalui dukungan ini, Kemendikbudristek ingin agar setiap guru dan kepala sekolah yang telah siap menjalankan kurikulum merdeka, dapat menikmati kesempatan pelatihan yang sama dengan kualitas yang sama.
 
Platform Merdeka Mengajar memang bisa diakses para guru dan kepala sekolah dari mana saja dengan mengunduh aplikasi Merdeka Mengajar yang telah tersedia di Google PlayStore. Selain itu, Platform Merdeka mengajar ini juga bisa diakses melalui lama guru.kemdikbud.go.id.
 
Para guru dan kepala sekolah yang ingin mengakses beberapa produk Platform Merdeka Mengajar dapat menggunakan akun belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id.
 
 
Di Platform Merdeka Belajar, para guru dan kepala sekolah dapat menikmati beberapa fitur. Di antaranya fitur belajar pelatihan mandiri. Di dalam fitur ini tersedia berbagai materi pelatihan berkualitas.
 
Selain itu juga tersedia fitur video inspirasi yang memungkinkan para guru mendapatkan berbagai video inspiratif untuk mengembangkan dirinya.
 
Kemudian, guru juga bisa mengunggah portofolio hasil karyanya yang bisa diakses oleh guru lain sehingga dapat saling berbagi inspirasi dan membuka peluang untuk berkolaborasi.
 
Selanjutnya, untuk kebutuhan mengajar, di dalam platform merdeka mengajar juga tersedia lebih dari 2 ribu referensi perangkat ajar yang meliputi RPP, modul ajar, modul project, dan buku siswa yang berbasis kurikulum merdeka.
 
Untuk kebutuhan mengajar ini, di dalamnya juga tersedia fitur asesmen murid (siswa) yang dapat membantu guru melakukan analisis awal literasi dan numerasi dengan cepat, sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik. Menariknya, asesmen ini bisa
dipergunakan untuk semua mata pelajaran.
 
Pada prinsipnya, selain memungkinkan setiap guru di Indonesia mendapat kesempatan mengakses pelatihan yang sama dengan kualitas yang sama, fitur-fitur yang tersedia di dalam platform ini juga membantu setiap guru di seluruh Indonesia agar dapat saling berbagi praktik baik dan menginspirasi di platform yang sama.
 
Kemudian, guru juga dapat mengakses berbagai perangkat ajar yang bisa dijadikan contoh atau langsung dipakai, serta dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan kecepatan masing-masing.
 
Tak kalah penting, dengan platform ini guru di seluruh Indonesia dapat saling berjejaring antar wilayah serta dapat memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh dokumen-dokumen terkini. (Sumber: 6 Strategi IKM/Bagus Priambodo/Judul asli berita: Lewat Platform Merdeka Belajar, Makin Mudah Bagi Guru Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

Tags: