Perlu Adanya Pembagian Tugas yang Terarah dalam Mengawal Merdeka Belajar

01 November 2022

Pada apel pagi, Senin lalu (31/10/2022), Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jatim, Sujarno, M.Pd menyampaikan hasil  Raker (Rapat Kerja) UPT (Unit Pelaksana Teknis) 3 Ditjen di lingkungan Kemendikbudristek (Ditjen PDM, GTK dan Pendidikan Vokasi) pada 28 sampai 30 Oktober 2022 lalu di hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta
 
Foto headline (di atas - dari kiri ke kanan): Kepala BBPMP Jatim, Kepala BBGP Jatim dan Kepala BBPMPVBOE di raker 3 Ditjen di lingkungan Kemendikbudristek (Ditjen PDM, GTK & Pendidikan Vokasi), 28 - 30 Oktober 2022 di hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta 
 
Ia mengatakan, perlu ada pembagian peran yang lebih terarah dalam mengawal Program Merdeka Belajar khususnya antara Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) dengan BBPMP.
 
“Advokasi pada Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan, Organisasi Mitra dan Satuan Pendidikan ini lebih dipilah sesuai dengan tusinya,” ujar Sujarno.
 
Kontribusi BBGP ada pada Kompetensi PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dimulai dari Pemetaan, Peningkatan hingga Monev. Sedangkan BBPMP bertugas melakukan Pemetaan Mutu Pendidikan melalui Asesmen Nasional, Rapor Pendidikan, Pengembangan Model Penjaminan Mutu melalui Perencanaan Berbasis Data (PDB).
 
“Dimana pada kolaborasi PBD antara, BBPMP Jatim, BBGP Jatim dan BBPMPVBOE sudah menjurus pada intinya,” tambahnya.
 
Sujarno juga menegaskan, adanya partisipasi penuh dari seluruh pegawai BBPMP Jatim pada berbagai program BBPMP Jatim dalam mengawal Merdeka Belajar di Jawa Timur.
 
Diantaranya kegiatan launcing akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang akan dilaksanakan di hotel Mercure Grand Mirama Surabaya pada Kamis 3 Nopember 2022 dan berbagai kegiatan BBPMP Jatim menuju WBBM (Wilayah Bersih Bebas Melayani) yang orientasinya ke pelayanan prima.
 
Tak lupa beliau juga menginfokan, pada 1 sampai 3 November diadakan juga pembahasan tentang transformasi tusi (tugas dan fungsi) BBPMP dengan para Widya Prada di Hotel Haris Malang.
 
Sebelum menutup arahannya, Sujarno melakukan pelepasan ke Muhammad Zaenal Arifin yang di tanggal 1 November ini resmi purna tugas sebagai ASN (pensiun).
 
Sambil saling berjabat tangan, beliau berpesan, agar Pak Arifin selepas ini tetap beraktivitas dan berkarya sesuai passionnya, dan terus menjalin silaturahmi dengan teman-teman di BBPMP Jatim. (Diana Triastuty/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: