Perkuat Komitmen Guru Isi Rapor Mutu

22 September 2020

Agustin Sri Murdiana dari LPMP Provinsi Jawa Timur memberi motivasi agar para guru tetap berkomitmen dalam mengisi rapor mutu.

Fasilitator Nasional (Fasnas) Pengumpulan Rapor Mutu Sekolah ini tak memungkiri ada banyak kendala dalam aplikasi Evaluasi Diri Sekolah (EDS).

"Kebanyakan dari awal tadi kesulitannya adalah terlalu sering keluar patch, akun tidak terbaca, prefill selalu berubah," ujarnya dalam acara Bimtek Percepatan Pengumpulan Rapor Mutu Sekolah Daring Tahun 2019 Angkatan 5, beberapa saat lalu (Kamis, 6/8/2020).

"Kita respon positif saja, semua cobaan, semua tantangan perlu dimaklumi karena aplikasi PMP ini codingnya rumit, melibatkan berbagai macam responden aplikasi."

"Mulai dari supervisi, Dapodik, dan manajemen, jadi membutuhkan perjalanan panjang untuk melihat keberlanjutan cara pengisian rapor mutunya."

Meski begitu, ia berharap para guru tak patah semangat dan tetap melanjutkan mengisi rapor mutu.

"Bapak ibu mohon tidak putus asa, selalu memotivasi diri sendiri," kata Agustin.

"Meskipun belum mengumpulkan sekarang tapi harus ada komitmen dan tekad tahun ini saya harus mengumpulkan."

Pengisian ini, lanjut Agustin, diperlukan untuk sekolah, anak didik, hingga bisa meningkatkan mutu pendidikan.

"Bukan berarti apa-apa, karena memang itu adalah salah satu data yang sangat dibutuhkan oleh sekolah dan anak-anak didik kita semua untuk melakukan evaluasi, meningkatkan mutu pendidikan juga."

Acara bimtek ini juga membahas sejumlah masalah atau kendala yang dialami para operator saat mengisi aplikasi EDS.

Hendri Gunawan Ardy, pembicara dari Satgas Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Sesditjen PAUD DIkdasmen Kemdikbud pun turut memberikan solusinya.

Seperti memastikan akun yang digunakan sama dengan akun Dapodik terbaru jika kendalanya tak bisa login, sinkronisasi terlebih dahulu untuk membackup data jika kendalanya macet saat hitung rapor mutu, dan lain sebagainya. (Bagus Priambodo/Judul asli berita: LPMP Jatim Motivasi Guru untuk Berkomitmen Mengisi Rapor Mutu)

Tags: