Percepatan Penggunaan Aplikasi RKAS dalam Penglolaan Dana BOS

Redaksi 21 Juni 2022

Dalam rangka mencapai pengelolaan anggaran Dana BOS satuan pendidikan yang lebih efektif, efisien, akuntabel, dan terpadu. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah menerbitkan Surat nomor 3826/C/PR.03.01/2022 tentang Percepatan Penggunaan Aplikasi RKAS (ARKAS) dalam rangka Pengelolaan Dana BOS.
 
Berkenaan dengan percepatan penggunaan ARKAS/MARKAS, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota:
 
(1) Memastikan satuan pendidikan negeri dan swasta melakukan registrasi pada ARKAS; (2) Memastikan satuan pendidikan negeri dan swasta melakukan input perencanaan, penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan TA 2022; (3) Memastikan satuan pendidikan negeri dan swasta telah menginputkan realisasi penggunaan Dana BOS Reguler Tahap I TA 2022 paling lambat bulan Juli 2022 sebagai dasar penyaluran Tahap III TA 2022; dan (4) Melakukan pembinaan, pendampingan dan pengawasan pengelolaan Dana BOS secara keseluruhan sesuai dengan kewenangannya.
 
Simak juga beberapa webinar berikut:
 
Webinar -- Sosialisasi Percepatan Penggunaan ARKAS & MARKAS
Sumber: Kanal You Tube Ditjen Pauddikdasmen (Materi webinar di atas dapat diunduh  di sini)
 
 
Bimtek Arkas Tahun 2022 Hari Pertama
 
Bimtek Arkas Tahun 2022 Hari Kedua
 
Sumber laporan realisasi penggunaan Dana BOS Tahap I TA 2022 yang dilakukan melalui ARKAS menjadi syarat penyaluran Dana BOS Tahap III TA 2022.
 
Informasi selengkapnya dapat dibaca pada surat percepatan penggunaan ARKAS/MARKAS. 
 
(https://rkas.kemdikbud.go.id//Judul asli berita: Percepatan Penggunaan Aplikasi RKAS (ARKAS) Dalam Rangka Penglolaan Dana BOS/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)
 
 

Tags: