Peran Penting LPMP di Sekolah Penggerak

Redaksi 02 Maret 2022

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur memiliki peran penting dalam program Sekolah Penggerak.

Dr. Rizqi, S.Pd, M.Pd selaku Kepala LPMP Provinsi Jawa Timur membeberkan peran LPMP di program Sekolah Penggerak dalam acara di Tribun Jatim Network bekerjasama dengan LPMP Provinsi Jawa Timur dan INOVASI Jawa Timur bertajuk "Budaya Literasi di Sekolah Penggerak, Senin (21/02/2022).

Peran pertama yang disebutkan adalah sosialisasi.

"Sejak persiapan sudah berperan, mulai dari sosialisasi tentang apa itu Sekolah Penggerak pada Pemerintah Daerah, kemudian sosialisasi kepada sekolah," jelasnya.

Peran kedua adalah coaching clinic yang diberikan kepada kepala sekolah ketika melakukan proses pendaftaran.
 
 
Simak berbagai kegiatan LPMP Provinsi Jawa Timur melalui Kanal You Tube LPMP Provinsi Jawa Timur
 
Dengarkan Podcast MSG untuk Pendidikan LPMP Provinsi Jawa Timur di AnchorSpotify dan Jelita (Jendela Literasi Kita)

"Seperti bagaimana nanti, berkas-berkas apa saja yang harus diupload, bagaimana mengisi essay yang wajib diisi sebagai tahapan seleksi tahap ke-1, di sini kami LPMP melakukan pendampingan," jelas Rizqi.

Ketiga, pendampingan. Pendampingan dilakukan setelah kepala sekolah dinyatakan lulus seleksi dan sekolahnya dinyatakan sebagai Sekolah Penggerak.

"Satu diantaranya adalah kalau nanti penguatan SDM, ini adalah kolaborasi antara GTK dengan kami," terangnya.

"GTK yang memberi pembekalan awal melalui pelatih ahli, instruktur dan lain sebagainya. Kemudian ketika nanti mengimplementasikan, LPMP akan melakukan pendampingan, baik itu dalam bentuk implementasi pembelajaran paradigma baru, kami terus memberikan pendampingan," lanjutnya.

Sehingga, pelaksanaan kurikulum paradigma baru ini bisa berjalan lancar dan proses transformasi peningkatan literasi dan numerasi di sekolah tersebut dapat berjalan secara maksimal.

Rizqi menyampaikan pada Maret 2022, LPMP Provinsi Jawa Timur akan memberikan pembekalan dan pendampingan terkait kurikulum paradigma baru yang nantinya akan disebut kurikulum merdeka.

Setelah pelaksanaan kurikulum paradigma baru, LPMP Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Daerah dan Kepala Sekolah akan melakukan proses bimbingan teknis terkait pemanfaatan profil pendidikan.

"Profil pendidikan adalah hasil asesmen nasional yang menghasilkan literasi dan numerasi, kemudian data dapodik, yang ada di data dapodik, data PTK, data sarana dan lain sebagainya. Lalu hasil akreditasi sekolah, survey dari biro pusat statistik, maka nanti akan menghasilkan profil pendidikan," ungkapnya.

"Profil pendidikan ini yang nanti kami bekerja sama dengan pemerintah daerah dan sekolah untuk kita analisis bersama untuk mengetahui hal-hal yang sudah dicapai setiap sekolah maupun daerah dan hal-hal apa yang perlu ditingkatkan."

Proses peningkatan yang ada di satuan pendidikan diharapkan berdasarkan data yang ada, dari hasil evaluasi dan refleksi yang dilakukan tim sekolah, LPMP Provinsi Jawa Timur, dan Pemerintah Daerah.

"Ketika seorang guru perlu ditingkatkan, perlu ditingkatkan apa kompetensinya? Ini nanti bisa tercermin di sana," tutur Rizqi.

Dalam hasil evaluasi juga dapat dilihat jika sarana dan prasarana tak memadai, Pemerintah Daerah dan Kementerian bisa tahu apa yang harus dilakukan dan pemenuhannya jadi tepat sasaran.

LPMP Provinsi Jawa Timur juga akan melakukan pendampingan dan pembimbingan teknis terkait pemanfaatan teknologi melalui digitalisasi sekolah.

"Diawali dengan mengajak semua kepala sekolah penggerak beserta jajarannya untuk meng-aktivasi akun Belajar.id yang didalamnya terdapat berbagai platform pembelajaran, kemudian terkait platform Merdeka Belajar," terang Rizqi.

Nantinya, semua Sekolah Penggerak di Jawa Timur diharapkan dapat menghasilkan gelar karya, yang berisi perbandingan sebelum dan setelah menjadi Sekolah Penggerak.

"Tentu melalui proses berkolaborasi bersama, nanti di tingkat Provinsi sampai Nasional bisa menampilkan hasil karya dari implementasi program Sekolah Penggerak," katanya. (Bagus Priambodo/Judul asli berita: Peran Penting LPMP di Sekolah Penggerak: Sosialisasi, Coaching Clinic, hingga Pendampingan/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Kanal You TubeTribun Jatim Network)

Tags: