Pendidikan Gratis Berkualitas Tinggi

Redaksi 17 Januari 2019

Intip Pendidikan di Finlandia 4 - Finlandia merupakan satu dari beberapa negara yang mempunyai sistem pendidikan terbaik di dunia. Tak ayal, Finlandia kerap menjadi rujukan bagi negara-negara lain.

Sistem pendidikan didesain berdasarkan etos Nasional mereka yaitu masyarakat merupakan aset paling penting. Semua orang berhak memperoleh pendidikan berkualitas tinggi tanpa ada perbedaan latar belakang sosial dan ekonomi.

Filosofi tersebut memungkinkan Finlandia dari negara termiskin menjadi salah satu negara makmur di dunia. Warganya dikenal memiliki keterampilan teknologi yang sangat diperhitungkan di lingkup bisnis teknologi informasi internasional.

Pemerintah berkomitmen menyediakan layanan pendidikan yang optimal untuk mewujudkan hasil terbaik. Semua program pendidikan gratis bagi warga, dibiayai dari penerimaan pajak (tax revenue) negara. Total penggunaan dana publik untuk pendidikan secara keseluruhan mencapai 11 persen.

Obyektif pengajaran umum dan pembagian waktu belajar semua mata pelajaran pendidikan pra sekolah, dasar, dan menengah atas (upper secondary) ditetapkan oleh pemerintah. Badan Pendidikan Nasional Finlandia (FNBE), di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian menyusun kurikulum inti Nasional berdasarkan ketetapan tersebut.

Penyedia pendidikan, yaitu munisipalitas (kota atau desa dengan entitas administratif yang jelas) dan sekolah-sekolah yang dikelolanya, membuat rencana pendidikan daerah sesuai kurikulum inti Nasional. Maka, tingkat dan ruang lingkup pengajaran untuk mata pelajaran yang sama adalah seragam bagi semua siswa di Finlandia. 

Walaupun, sistem selalu membolehkan pemerintah lokal memberikan tambahan sesuai konteks daerahnya masing-masing. Lokasi sekolah diatur agar berdekatan dengan permukiman warga sehingga siswa mudah mengaksesnya. Ini untuk mencegah adanya citra sekolah yang dibedakan berdasarkan status sosial keluarga siswa. 

Biaya pendidikan dasar dan sekolah menengah atas termasuk dalam anggaran munisipal. Pemerintah menyokong sekitar 25 persen dari seluruh pengeluaran. Pada 2016, terhitung jumlah biaya sekolah seorang anak Finlandia sebesar 8.519 dolar AS setahun. (finfo/Bagus Priambodo/Marta Nurfaidah)

Tags: