PDSPK Kemendikbud Tangani Langsung Klaim NUPTK

Redaksi 08 Februari 2019

Sekilas NUPTK – Mengutip dari: gtk.data.kemdikbud.go.id/Home/Definisi, Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). Diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan. 

Nomornya  terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya. 

Namun kasus lain di lapangan seperti gtk (guru dan tenaga kependidikan) yang telah ber-NUPTK tetapi justru sistem merekamnya sebagai calon penerima NUPTK (belum NUPTK) kerap terjadi. 

Terkait permasalahan tersebut, bagi gtk yang mengalaminya, sekolahnya dapat langsung mengajukan klaim ke PDSPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan), dan akan diapproval langsung oleh PDSPK (tidak diapproval oleh Dinas Pendidikan setempat maupun LPMP). Karena kasus-kasus klaim NUPTK penanganannya menjadi kewenangan PDSPK Kemendikbud 

Alamat pengajuan klaim NUPTK dapat langsung dikirim oleh gtk/ops (operator sekolah) via email ke: pdsp@kemdikbud.go.id   

Mengapa sampai terjadi pengajuan klaim NUPTK? Penyebabnya bervariasi, diantaranya gtk melakukan perubahan data (nama, NIK dan lain-lain) di Dapodiknya. Hal tersebut berdampak pada sistem yang akan mengindentifikasinya belum memiliki NUPTK, sehingga mereka harus mengajukan NUPTK baru. 

Bila mereka tidak melakukan klaim NUPTK, atau pengajuan NUPTK baru maka di info gtk nya dianggap tidak valid, sehingga tidak bisa menerima tunjangan (tunjangannya tidak cair). (Wahsun – Satgas Dapodik Kemdikbud di LPMP Jatim)

Tags: