Panduan Menilai Siswa di Masa Pandemi

Redaksi 23 Desember 2020

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur telah meluncurkan buku "Jati Diriku" sebagai panduan untuk para guru menilai siswa.
 
Buku ini diharapkan dapat membantu guru memberi penilaian untuk para siswa selama sekolah jarak jauh di masa pandemi Covid-19.
 
Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dra. Ety Prawesti, M.Si, memaparkan melalui buku panduan ini dapat dilihat karakter dan perilaku siswa di rumah.
 
"Bagaimana di era pandemi ini kita bisa memberi penilaian karakter, perilaku siswa itu seperti apa mulai bangun tidur sampai mau tidur," ujarnya dalam acara Bimtek Penyusunan Bahan Ajar Luring Gelombang 2 yang digelar secara daring oleh LPMP Provinsi Jawa Timur pada Senin (31/8 lalu).
 
"Apa saja yang ia lakukan, bagaimana menilai sikap dan perilaku siswa tersebut ketika di rumah."
 
Buku panduan "Jati Diriku" juga berisi peran orang-orang di sekitar siswa, mulai guru, orang tua, hingga kepala sekolah.
 
"Apa peran dari guru, orang tua, kepala sekolah, dan masyarakat sudah jelas dan lengkap di buku panduan 'Jati Diriku'."
 
Selain itu, untuk jenjang SMA ada juga panduan pembelajaran jarak jauh yang bernama "Pambeja".
 
Buku panduan ini lengkap berisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hingga penilaian.
 
"Disusun mulai dari awal RPP sampai dengan penilaian itu sudah lengkap semua," kata Ety.
 
"Dari jenjang yang lain mungkin bisa melihat panduan 'Pambeja', bagaimana bapak ibu mulai menyusun sampai penilaian itu seperti apa."
 
Guru di seluruh Jawa Timur bisa mendapatkan kedua buku panduan tersebut di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. (Bagus Priambodo/Foto atau ilsutrasi dipenuhi dari Google Image)

Tags: