Olahraga Terkomplit Melatih Karakter & Fisik Siswa

Redaksi 22 Agustus 2019

Jawa Timur ingin kembali mengulang prestasi di ajang Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional. Seperti diketahui, di pelaksanaan GSI pertama tahun lalu, Jawa Timur sukses menjadi juara umum.

Harapan ini disampaikan oleh Eka Ananda Arif Budi, ketua panitia GSI Tingkat Provinsi Jatim saat membuka pelaksanaan turnamen sepakbola tersebut di GOR Delta Sidoarjo, Senin (19/8/2019).

“Kita ingin mengulang kembali prestasi tahun lalu saat Jawa Timur berhasil menjadi juara umum GSI. Jadi siapapun yang akan menang di GSI tingkat provinsi ini, diharapkan bisa menang di tingkat nasional mewakili Jawa Timur,” ujar Eka Ananda di hadapan para peserta dan undangan yang hadir di pembukaan turnamen tersebut.

Eka Ananda mengatakan, pelaksanaan GSI yang menggandeng Kemdikbud (melalui LPMP Jawa Timur untuk Provinsi Jawa Timur), KONI dan PSSI dilakukan untuk mendukung instruksi presiden nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional sekaligus untuk mengembangkan karakter siswa.

“Ajang ini sederhana tapi spektakuler. Diharapkan bisa menjadi wadah bagi para siswa untuk mengimplementasikan program penguatan pendidikan karakter atau P3K,” sambungnya.

Dia menjelaskan, sepakbola dipilih ketimbang cabang olahraga lainnya karena sepakbola dianggap memiliki aspek yang lengkap. Selain dapat membentuk mental kerjasama, sepakbola juga menuntut kondisi fisik pemain yang sehat dan kuat, kekompakan, taat pada peraturan, serta mental legowo menerima keputusan.

Di GSI tingkat Jatim kali ini, tambah Eka Ananda, jumlah peserta adalah sebanyak 24 tim yang mewakili kota/kabupaten. Tim-tim tersebut kemudian dibagi dalam delapan grup, yakni grup A hingga grup H. Mereka bertanding dengan menggunakan sistem campuran antara setengah kompetisi dan sistem kicked out.

“Kalau tidak dibuat seperti itu, dua minggu saya rasa tidak akan cukup waktunya,” pungkas Eka.

Delapan tim melaju ke perempat final

Sementara itu, dalam babak penyisihan, sebanyak delapan tim akhirnya berhasil melaju ke babak perempat final. Salah satu dari mereka, nantinya akan menjadi wakil Jawa Timur untuk berlaga di GSI tingkat nasional.

Delapan tim yang telah lolos ke babak perempat final itu adalah tim kabupaten Gresik menyandang status sebagai juara grup A, tim kabupaten Lamongan dari grup B, kabupaten Malang dari grup C, kabupaten Probolinggo dari grup D, kabupaten Kediri dari grup E, Kota Blitar dari grup F, kota Surabaya dari grup G, dan kabupaten Blitar dari grup H.

Delapan tim ini selanjutnya akan berlaga hingga keluar empat tim terbaik yang akan bermain di babak semifinal pada 24 Agustus 2019 di Stadion Jenggolo Sidoarjo. Kemudian, dari 4 tim kontestan babak semifinal, akan keluar dua tim terbaik yang yang berlaga di final pada 25 Agustus 2019 di stadion GOR Delta Sidoarjo.  Laga-laga itu dapat disaksikan gratis oleh siapa saja. (Bagus Priambodo)

Tags: