Nantinya Pengawas Sekolah Bakal Jadi Profesi Impian

25 Juli 2018

 Kepala LPMP Jawa Timur, Bambang Agus Susetyo kembali menaruh perhatian pada pentingnya profesi pengawas di masa depan. Pernyataan tersebut disampaikannya di sela membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencairan Dana Bantuan Pemerintah (Bantah) Sekolah Model Gelombang 1 di Graha Utama LPMP Jawa Timur, Rabu (18/07/2018).

Menurutnya, pengawas memiliki peranan penting sebagai pembimbing dan pembina para guru. Oleh karena itu beliau menegaskan, ke depan tidak semua orang bisa menjadi pengawas.

“Hanya guru profesional yang nantinya akan menjadi kepala sekolah. Dan jika kepala sekolah tersebut bagus dan profesional maka barulah dijadikan pengawas”, ungkap pria yang pernah merasakan suka dukanya menjadi pengawas sekolah ini

Lebih lanjut Bambang menyebut, profesi pengawas sekolah yang saat ini hanya dipandang sebagai tempat berlabuhnya pensiunan pejabat dinas dan kepala sekolah, akan bergeser. Kebijakan ini akan segera dihapus dan diganti oleh rancangan yang saat ini tengah ‘digodok’ Kemendikbud.

Baginya, selain para pengawas harus selangkah di depan kepala sekolah, mereka juga harus selalu kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pendidikan di sekolah-sekolah binaannya

Oleh karena itu, Bambang setuju akan perlunya perhatian lebih ke pengawas terutama ke kesejahteraannya.

Dirinya juga manambahkan, nantinya pengawas akan menjadi “jalur naiknya" karir guru, sehingga menjadi seorang pengawas adalah profesi impian, bukan “tempat buangan”. Hal tersebut disambut aminan oleh para peserta bimtek yang terdiri dari kepala sekolah dan bendahara sekolah. (Mega Suryani)

 

Tags: