Moda Pelaksanaan UN, Seratus Persen UNBK

Redaksi 30 Januari 2019

Moda pelaksanaan UN seratus persen berbasis komputer (UNBK). Yang menyelenggarakan ujian nasional kertas dan pinsil (UNKP) hanya sekolah dengan keadan tertentu saja seperti terjadinya bencana alam, sekolah berada di daerah yang tidak terjangkau jaringan listrik atau internet.              

Kebijakan penyelenggaraan seratus persen UNBK berlaku untuk SMA/SMK sederajat dan SMP sederajat. Hal tersebut disampaikan Kepala LPMP Jawa Timur, Bambang Agus Susetyo saat diwawancarai di Rakor (Rapat Koordinasi) Sosialisasi UN yang diselenggarakan Dinas Pedidikan Prov. Jatim di Hotel Novotel Surabaya, Selasa (29/1/2019) 

Bambang yang juga menjadi nara sumber utama di acara tersebut menjelaskan, penyelenggaraan UN dari tahun ke tahun memang terus dievaluasi pemerintah untuk perubahan dan perbaikan. UN tahun 2004 hingga UN 2014 hasil UN masih merupakan syarat penentu kelulusan siswa. Sejak tahun 2015, UN tak lagi menjadi penentu kelulusan. Kelulusan diserahkan kepada satuan pendidikan melalui rapat pleno dewan guru. Syarat kelulusan dibuat oleh sekolah. 

UN Tahun 2015 pada jenjang SMA/SMK sederajat mulai ada kebijakan program perbaikan nilai melalui ujian perbaikan pada tahun berikutnya. Pada waktu yang sama Kemendikbud mulai memperke­nalkan dan merintis ujian berbasis komputer (UNBK). 

Tahun 2016, terus diupayakan perluasan dan penambahan jumlah penyelenggaraan ujian berbasis komputer ini. Bahkan Tahun 2017 UNBK juga sudah mulai dilaksanakan pada lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat/PKBM. “Maka tahun 2019 harapannya sekolah bisa menyelenggarakan UNBK seratus persen,” imbuhnya. 

Bambang melanjutkan, dari hasil evaluasi UN yang dilakukan pemerintah menunjukkan bahwa integritas penyelenggaraan UNBK jauh lebih baik. Di sinilah menurutnya benang merah antara UN dengan pendidikan karakter di satuan pendidikan baik bagi peserta didik maupun bagi pendidik. 

Dia menambahkan, motto UN pada dua tahun terakhir adalah Prestasi Penting, Kejujuran yang Utama. Tentu saja selain UNBK lebih praktis penyelenggaraannya, mengurangi pula anggaran pembiayaan yang digunakan (Yuwandinta Hermawan/Bagus Priambodo)

Info lengkap terkait UN dapat disimak (diunduh) pada link berikut: https://un.kemdikbud.go.id/ 

Tags: