Mind Mapping Mudahkan Pembelajaran

17 September 2020

Mind mapping menjadi salah satu hal yang disarankan dilakukan para guru untuk merancang materi pembelajaran jarak jauh.
 
Junie Darmaningrum, S.S, M.Pd, Widyaiswara LPMP Provinsi Jawa Timur, mengungkapkannya saat mengisi acara Bimtek Perancangan Pembelajaran Luring Gelombang 2 Tahun 2020 yang dilakukan secara daring, Sabtu (15/8/2020).
 
Menurut Junie, mind mapping nantinya tak hanya mempermudah peserta didik, namun juga orang tua siswa.
 
"Ini memudahkan bapak ibu (guru) sebenarnya, tidak hanya mudah bagi siswa, tapi juga bagi orang tua siswa," ujarnya.
 
Junie memberikan contoh mind mapping untuk jenis-jenis benda, dalam contohnya, ia membagi empat benda, ada plastik, logam, kayu, dan karet.
 
Saat mind mapping, benda-benda tersebut diurai menurut sifat dan kegunaan masing-masing.
 
Contohnya sifat plastik yang ringan, isolator, dan tidak tembus, serta kegunaan plastik untuk ember, tempat sampah, dan lain sebagainya.
 
"Dengan adanya mind mapping ini, ada ringkasan materi, membantu siswa lebih memahami, orang tua siswa saat mendampingi juga bisa melakukan pendampingan yang baik, jadi paham," jelasnya.
 
Menentukan materi pembelajaran adalah langkah pertama yang harus dilakukan guru untuk melakukan Perencanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) moda luring.
 
Setelah materi, kemudian media pembelajaran juga ditentukan hingga akhirnya bisa mengarah ke PJJ. (Bagus Priambodo/Judul asli berita: Mind Mapping Materi Pembelajaran Tak Hanya Mudahkan Guru dan Peserta Didik, Namun Juga Wali Siswa)

Tags: