Merapat ke Teknologi bersama PTP LPMP Jatim

Redaksi 12 Mei 2020

Wabah COVID-19 (virus Corona) sangat mempengaruhi kehidupan kita di berbagai aspek (bidang) yang mungkin dulu tidak pernah kita sadari, tapi sekarang sungguh kira rasakan perubahannya.

(Keterangan foto headline: Tim PTP LPMP Jawa Timur mendampingi pendidik & tenaga kependidikan di SMPN 6 Surabaya sebelum masa pandemi Covid-19)

Dari berbagai bidang yang terlihat memprihatinkan akibat pandemi tersebut, salah satunya pendidikan. 

Sampai 1 April 2020, UNESCO mencatat setidaknya 1,5 milyar anak usia sekolah terdampak COVID-19 di 188 negara termasuk 60 jutaan diantaranya ada di negara kita.

Faktanya iya memang, dunia pendidikan kita serasa dijungkirbalikkan. Jika kondisi seperti ini terus meningkat tanpa adanya supporting atau inovasi teknologi yang maksimal untuk mendukung pembelajaran, maka yang paling kasihan  adalah peserta didik disemua tingkatan khususnya di jenjang pendidikan dasar dan menengah

Kejutan nyata  untuk guru dan orang tua

Pemberlakuan kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan belajar dari rumah, dengan pemanfaatan teknologi informasi yang berlaku secara tiba-tiba, membuat pendidik dan orang tua menghirup nafas dalam-dalam seolah ragu akan dapat melakukan hal yang sebelumnya jarang, atau bahkan tidak pernah mereka lakukan, khususnya mereka yang tidak akrab dengan teknologi untuk belajar. 

Peran PTP LPMP Jawa Timur

Sebelum adanya Covid 19, PTP (Pengembang Teknologi Pembelajaran) LPMP Jawa Timur telah melakukan pendampingan ke sekolah-sekolah baik pendampingan pengembangan model pembelajaran maupun pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi. Pendampingan yang dilakukan PTP ke sekolah dilaksanakan dengan menerapkan konsep ANALYSIS, DESIGN, DEVELOPMENT, IMPLEMENTATION AND EVALUATION (ADDIE).

Treatment atau perlakuan yang diberikan PTP LPMP Jawa Timur agar pendidik dan tenaga kependidikan makin giat berteknologi di tiap sekolah berbeda- beda, sesuai dengan kebutuhan masing- masing sekolah berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan bagi tiap sekolah.

Beberapa pendampingan ke sekolah oleh PTP LPMP Jawa Timur sebagai berikut:

Pendampingan di SMPN 59 Surabaya (sebelum masa pandemi)

Pendampingan di SMPN 35 Surabaya (sebelum masa pandemi)

Makin dekat ke teknologi di era pandemi 

PTP LPMP Jawa Timur tetap berkarya di masa BDR dan social distancing. Kami terus menggiatkan pelatihan tentang pemanfaatan media pembelajaran Online terhadap guru-guru yang ada di 38 Kab./ Kota di Jawa Timur.

Pelatihan kami berdurasi tiga hari dengan materi pemanfaatan media pembelajaran Whiteboard Animation, Microsoft 365 Sway dan Animated Video Powtoon. Peserta kami adalah para guru, kepala sekolah dan pengawas di Jawa Timur.

Room pelatihan kami yang selalu penuh, bahkan overload, menggerakkan kami membuka kembali gelombang baru untuk peserta yang tidak kebagian kuota.

Sampai detik ini, sudah empat kabupaten dan kota yang pendidik dan tenaga kependidikannya sebagian telah kami dampingi untuk akrab dan lihai memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran agar makin menarik, menyenangkan dan bermakna

Tentunya langkah kami lebih merekatkan dunia pendidikan ke teknologi khususnya bagi para pendidik, sangat pas dan sangat dibutuhkan di masa-masa pandemi COVID-19 yang mau tidak mau memaksa guru-guru melibatkan teknologi dalam pembelajarannya ke siswa.

Maka kami, PTP LPMP Jawa Timur siap membantu pendidik dan tenaga kependidikan belajar secara daring ((online) mengembangkan media pembelajaran sendiri sesuai dengan kebutuhannya. Tentunya ini sejalan dengan kebijakan dari Mas Menteri tentang merdeka belajar dan juga merdeka mengajar

Berminat, silahkan mengajukan permohonan melalui: https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/silat/, atau dapat menghubungi Koordinator PTP LPMP Jawa TimurIstas Bintoro (Kang Bino) di nomor WhatsApp: 081553012466 

(Setyorini, PTP LPMP Jawa Timur)

Presentasi menarik berbasis teknologi mengenai peran PTP LPMP Jawa Timur oleh penulis dapat dilihat pada link berikut: https://sway.office.com/91Ug3CLvuS4X8jRS?ref=Link

Tags: