Menuju Asesmen Nasional 2021

Redaksi 21 Juni 2021

Menyambut pelaksanaan Asesmen Nasional tahun ini, LPMP Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan BP PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Koordinasi Pendampingan Kebijakan Kemendikbudristek (Verval TIK Persiapan Asesmen Nasional) Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 di Hotel Singhasari Resort Batu, 21-23 Juni 2021. 
 
Hadir di kegiatan ini Plt Kepala LPMP Provinsi Jawa Timur, Dr. Rizqi dan Plt Kepala BP PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Timur, Ibnu Subandi didampingi Koordinator Fungsi Sistem Informasi dan Kemitraan, Eko Yunianto beserta para Kepala DInas Pendidikan/Kepala BIdangnya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan operator dinas pendidikan/cabang dinas pendidikan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur
 
 
Dalam laporannya di sesi pembukaan, Koordinator Fungsi Sistem Informasi, Maryono,menyebutkan beberapa tujuan  dari koordinasi ini. Diantaranya: (1) Memberikan informasi tentang Asesmen Nasional; (2) Memberikan informasi mengenai kesiapan Asesmen Nasional khususnya terkait verval TIK sekolah; (3) Pemetaan kesiapan sekolah dalam mengikuti Asesmen Nasional baik sekolah mandiri, yang ditumpangi dan yang menumpang
 
Di Jawa Timur, Maryono melaporkan, jumlah sekolahnya sangat banyak yaitu 29.173 sekolah, dan 6 persen sekolah di Jawa Timur masih belum melakukan verval TIK.
 
Mencermati hal tersebut, Plt Kepala LPMP Provinsi Jawa Timur berharap agar semua sekolah di Jawa Timur segera melakukan verval TIK. 
 
Beliau menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir bahwa verval TIK ini baru merupakan langkah awal menuju implementasi Asesmen Nasional tahun ini yang akan dilaksanakan pada bulan September nanti.
 
Bila tidak tidak segera dituntaskan, Rizqi menyampaikan, hal tersebut akan menghambat kelancaran menuju pelaksanaan Asesmen Nasional tahun ini
 
Rizqi juga menginfokan, beberapa daerah, salah satunya DI Yogyakarta telah 100 persen dalam melakukan verval TIK sekolah-sekolah di wilayahnya. Bahkan Jawa Barat saat ini berada di posisi ke empat dalam melakukan verval TIK sekolah-sekolah di wilayahnya.
 
Oleh karenanya, Rizqi kembali berharap, sebisa mungkin verval TIK sekolah di Provinsi Jawa Timur ini bisa dipercepat sampai angka 100 persen agar tahapan-tahapan selanjutnya menuju Implementasi Asesmen Nasional tahun ini dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan (jadwal yang semestinya) mengingat rangkaian-rangkaian (tahapan-tahapan kegiatan) menuju ke pelaksanaannya masih cukup banyak.
 
Selengkapnya tentang berbagai hal yang disampaikan di acara pembukaan ini dapat disimak pada video berikut:
 
 
(Bagus Priambodo/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari You Tube BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Timur)

Tags: