Menjaga Citra Baik Institusi

Redaksi 01 November 2021

Menuju WBBM - Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Timur, Dr. Rizqi, S.Pd, M.Pd menyebutkan bahwa berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 94 tahun 2021, para pejabat fungsional Widyaprada akan mendapat tunjangan fungsional.
 
Diharapkan, dengan adanya tunjangan fungsional tersebut, widyaprada dapat bekerja lebih baik menjalankan tugasnya untuk melaksanakan kegiatan pemetaan mutu pendidikan, pendampingan satuan pendidikan, pembimbingan satuan pendidikan, supervisi pendidikan dan/atau pengembangan model penjaminan mutu pendidikan.
 
Baca juga berbagai derap langkah LPMP Provinsi Jawa Timur menuju WBBM di sini
 
“Jadi silakan dikumpulkan hal-hal yang terkait dengan angka kredit, sehingga pada satu tahun yang akan datang angka kreditnya sudah bisa diperhitungkan,” kata Dr.Rizqi, S.Pd, M.Pd dalam pemaparan hasil monitoring dan evaluasi program Sekolah Penggerak angkatan pertama yang dilakukan oleh para Widyaprada LPMP Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu (Senin, 25/10/2021).
 
 
Update jumlah dukungan untuk LPMP Provinsi Jawa Timur menuju WBBM di sini 
 
Dia menambahkan, ke depan, tugas-tugas Widyaprada akan sangat terkait dengan kegiatan-kegiatan advokasi, pendampingan, maupun monitoring dan evaluasi.
 
LPMP Provinsi Jawa Timur sendiri, kata dia, saat ini sedang merumuskan proses pembagian tugas Widyaprada di tiap-tiap kabupaten dan kota.
 
“Kemudian (sedang merumuskan) apa yang harus dilakukan mulai dari advokasi kegiatan yang seperti apa, pendampingan yang bagaimana, termasuk monitoring dan evaluasi penjaminan mutu yang ada di kabupaten kota nanti akan dirumuskan seperti apa,” imbuhnya.
 
Dia memastikan, nantinya para Widyaprada LPMP Provinsi Jawa Timur akan mendapat bagian di kabupaten/kota yang menjadi wilayah binaan dari setiap Widyaprada.
 
“Sehingga bapak ibu nanti juga akan memperoleh bagian kabupaten kota yang menjadi wilayah binaan dari setiap Widyaprada, sehingga proses pengumpulan angka kredit dan penugasan bapak ibu relevan dengan penugasan Widyaprada yang saat ini sedang dijabat oleh bapak ibu sekalian,” katanya kepada para Widyaprada yang menjadi peserta monev.
 
Kemudian, terkait fungisonal PTP (Pengembang Teknologi Pembelajaran), Kepala LPMP Provinsi Jawa Timur juga menyatakan bahwa mereka bisa berkontribusi dalam banyak hal. Misalnya dalam perencanaan berbasis data maupun digitalisasi sekolah di Sekolah Penggerak.
 
“Sehingga setiap fungsional kita sudah memiliki kejelasan tugas pokok dan fungsi ketika nanti pada tahun 2022 sudah tidak ada pekerjaan lain lagi kecuali program sekolah penggerak yang meliputi unsur advokasi, pendampingan, maupun monev,” ujarnya.  
 
Ingatkan Widyaprada
 
Sementara itu, Rizqi juga mengingatkan kepada para fungsional Widyaprada LPMP Provinsi JawaTimur dan seluruh internal LPMP Provinsi Jawa Timur untuk menghindari hal-hal yang membuat citra Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi dan LPMP Provinsi Jawa Timur tercoreng.
 
Dia menegaskan, saat ini LPMP Provinsi Jawa Timur memiliki citra yang baik berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kemenpan RB dalam rangka menuju WBBM. Dalam survei tersebut, respon yang diberikan para responden cukup baik dan sangat mendukung LPMP Provinsi Jawa Timur untuk meraih WBBM.
 
“Sehingga mudah-mudahan kita termasuk unit kerja yang lolos untuk dilakukan evaluasi WBBM oleh Kemenpan RB,” kata dia.
 
Untuk itu, dia mengingatkan para fungsional Widyaprada LPMP Provinsi Jawa Timur untuk menghindari perbuatan yang mengarah para pelecehan seksual, kemudian menerapkan kesopanan dalam melakukan pembelajaran, kesopanan dalam berpakaian, dan lain sebagainya.
 
“Termasuk ketika ketemu stakeholder kita di dinas, maupun ketika menjadi tuan rumah selaku tempat yang ditempati oleh diklat maupun seleksi, bapak ibu harus berikan perilaku sopan. Ini penting karena tidak hanya berakibat pada WBBM, tapi pasti berdampak pada citra buruk Kemendikbudristek,” pungkasnya. (Bagus Priambodo/Judul asli berita: Akan Dapat Tunjangan Fungsional, Widyaprada LPMP Jatim Didorong Untuk Menjaga Citra Baik Institusi/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan LPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: