Menhub & Gubernur Khofifah Tinjau Tempat Karantina Jelang Kedatangan TKI

Redaksi 04 Januari 2022

Surabaya - Bandara Juanda akan membuka kembali penerbangan internasional khususnya untuk kepulangan PMI/TKI ke Jatim. Menhub RI Budi Karya Sumadi meninjau langsung lokasi karantina bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI)/TKI yang pulang ke Jatim.
Ada sejumlah tempat karantina yang disiapkan Pemprov Jatim. Di antaranya di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim, Asrama Haji Sukolilo.
 
(Ket. foto headline di atas, dari kiri ke kanan: Rustamhari - Kasubbag TU LPMP Jatim,  Budi Karya Sumadi - Menhub RI, Khofifah Indar Parawansa - Gubernur Jatim dan Rizki - Kepala LPMP Jatim)

Menhub Budi Karya mengatakan, kedatangan dirinya ke LPMP Jatim merupakan instruksi dari Menkomarves sebagai bentuk pengecekan akhir persiapan tempat karantina untuk kepulangan PMI. Ia memberikan apresiasi kepada Pemprov Jatim yang bekerja luar biasa untuk menyiapkan tempat karantina di Asrama Haji Sukolilo, maupun di LPMP

"Jadi kalau masuk itu, ada tim epidemiologi yang menanyakan bagaimana riwayat yang bersangkutan, dari mana saja, nomor telefon berapa, mau ke mana saja. Jadi dari situ, data data yang aslo pasti dimasukkan dalam satu data center," ujar Budi Karya di LPMP Jatim, Jumat (31/12/2021).
 
Podcast MSG (Mikir Sing Genah) untuk Pendidikan: Cara Menumbuhkan Kegemaran Membaca pada AnakMenumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Anak dengan Membuka Ruang Rasa dan Emosinya4 Strategi Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Anak Usia SD dan RemajaMemetakan Kemampuan Numerasi Siswa SD Kelas Awal melalui Asesmen Diagnosis dan Mengajak Anak Usia SD Menyukai Menulis, Tidak Cukup dengan Memintanya Duduk Tenang dan Menulis

Budi mengakui, jumlah tempat yang disiapkan untuk karantina, masih terbatas, sehingga dibutuhkan learning proses. Menurutnya, format untuk sementara ini, penerbangan internasional yang diperkenankan adalah khusus PMI saja. Dengan mekanisme penerbangan bertahap

"Pertama kali, nanti intensnya tiga kali (penerbangan) seminggu, terus lagi meningkat enam kali seminggu, volumenya juga akan kita manage sesuai dengan berapa besar pangdam, Ibu Gubernur, dan Pak Kapolda bisa menyediakan tempat itu sendiri," imbuhnya.

Budi meyakini, proses dan mekanisme yang akan diterapkan oleh Satgas COVID-19 Jatim di lokasi karantina LPMP Jatim cukup representatif dan cukup baik. Hanya ada beberapa yang perlu dilengkapi, seperti ketersediaan wifi, pengawasan di sekitar.

"Karena bayangkan, di Amerika kemarin 500 ribu yang kena Omicron, jadi begitu dahsyat prosesnya itu. Saya terima kasih kepada Ibu Gubernur, Pak Pangdam dan Pak Kapolda dan semua Tim disini, tentu Pak Dansatgas," tandasnya.

Sementara, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menuturkan, kapasitas karantina khusus untuk PMI di Jatim sebanyak 1.900 tempat tidur. Jumlah itu tersebar di berbagai lokasi, seperti Asrama Haji, LPMP, serta Kementerian Agama
 
"Kekurangannya adalah hotel-hotel yang bintang dua, bintang tiga, dan ada beberapa hotel, juga nanti untuk pelaksanaan karantina. Karantina selama 10 hari, karena rata rata PMI ini bukan dari 13 negara yang harus karantina 14 hari," terangnya.

Mantan Pangdam V Brawijaya ini berharap, fasilitas karantina ini akan difungsikan pada tahun 2022. Kemudian segala kekurangan keurangan yang ada di Jakarta, atau kasus kasus yang ada di Wisma Altet, diharapkan tidak terjadi di Surabaya, Jatim.

Gubernur Khofifah menambahkan, Pemprov Jatim bersama jajaran Forkopimda terus menyiapkan sebaik mungkin tempat karantina untuk kepulangan PMI/TKI.

Dalam kunjungan ini, Menhub didampingi Kepada BNPB Suharyanto, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Jatim. (news.detik.com/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan LPMP Provinsi Jawa Timur)


Tags: