Mengenal Tugas LPMP Mendukung Kenaikan Pangkat Para Guru

Redaksi 26 Maret 2020

Sidoarjo - Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur berkomitmen untuk membantu para guru di Jawa Timur dalam mendapatkan kenaikan pangkat.

Sayangnya, sampai saat ini masih ada guru yang tidak tahu cara untuk mengajukan kenaikan pangkat sehingga seringkali merasa terhambat.

Menurut Asaria Windaheri, Koordinator PAK Guru IV/b ke atas LPMP Jatim dalam sosialisasi penilaian angka kredit (PAK) jabatan Fungsional Guru Golongan Ruang IV/b ke Atas yang digelar beberapa waktu lalu di Sidoarjo, sejak 2017, LPMP bertugas memfasilitasi Penilaian Angka Kredit (PAK).

Dia merinci tugas-tugas tersebut. Pertama, LPMP Jatim menerima berkas yang dikirimkan ke alamat PO Box oleh para guru. Kemudian, melakukan pengelolaan berkas usulan serta inventarisasi berkas melalui aplikasi SIMPAK (Sistem Informasi Penilaian Angka Kredit) guru.

Setelah itu LPMP akan melakukan klasifikasi berkas DUPAK (Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit) atau usulan kelengkapan berkas administrasi maupun kelengkapan bukti fisik per jenjang dan berdasarkan dokumen dari para guru golongan IV/b ke atas dari kementerian lainnya (Kemenag).

Dilanjutkan kemudian, LPMP melakukan entri data DUPAK ke dalam aplikasi SIPAK Guru.

Tahapan berikutnya, LPMP akan melakukan verifikasi kelengkapan berkas dan menindakanjuti hasil verifikasi berkas ke Dinas Pendidikan, Cabang Dinas Pendidikan, maupun ke kementerian yang lainnya.

Setelah itu, LPMP melakukan persiapan penilaian PAK.

“Perlu diketahui, waktu dan jadwal penilaian PAK bukan ditetapkan oleh LPMP karena anggaran ada di direktorat GTK. Kemudian, jumlah berkas juga belum ditentukan oleh LPMP karena semua tergantung dari anggaran di pusat,” ujar Aan.

“Kadang ada guru yang tanya kenapa berkasnya lama dinilai. Harus diketahui bahwa berkas yang masuk ke kami itu hampir 2 ribu lebih, sedangkan penilaiannya hanya 5 kali. Sedangkan setiap penilaian hanya dibatasi 150 sampai 200 berkas. Jadi kira-kira hanya seribu berkas yang dinilai,” sambungnya.

Lebih jauh dia membeberkan, hingga 29 Februari 2020, jumlah berkas PAK yang telah masuk ke LPMP Jatim tercatat sebanyak 1.466 berkas. Rinciannya, guru TK sebanyak 18 berkas, guru SD sebanyak 939 berkas, guru SMP sebanyak 353 berkas, guru SMA 100 berkas, guru SMK 47 berkas, dan guru SLB sebanyak 9 berkas.

“Total 1.466 berkas ini posisi yang sudah di dalam aplikasi SIPAK Guru LPMP Jatim. Berkas yang belum kami buka di sekretariat masih ada 550 berkas. Sisanya ini masih menunggu jadwal penilaian,” bebernya.

Dia melanjutkan, LPMP juga akan membantu menyiapkan berkas usulan penilaian angka kredit guru golongan IV/b ke atas yang telah diterima oleh sekretariat serta melakukan koordinasi pelaksanaan penilaian dan mendokumentasikan. (Bagus Priambodo/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Foto Dokumentasi Kegiatan LPMP Jatim)

Tags: