Mengambil Hikmah Baiknya dari Peristiwa Gempa dan Tsunami yang Melanda Sulawesi Tengah

Redaksi 07 Oktober 2018

Gempa bumi dan tsunami yang melanda sebagian besar wilayah Sulawesi Tengah menjadikan daerah terdampak gempa darurat bantuan, khususnya kebutuhan logistik.

Merespon hal itu, berbagai pihak berupaya sesegera mungkin mengirimkan bantuan, terutama pangan dan air bersih kepada masyarakat terdampak gempa di Palu dan Donggala.

Pemenuhan pasokan logistik diharapkan dapat meminimalisir kabar "penjarahan" minimarket dan toko kelontong yang terjadi di daerah bencana.

Segala macam kendala di lokasi bencana bukan menjadi alasan bagi siapapun (termasuk LPMP Jawa Timur) untuk tidak sesegera mungkin mengirimkan bantuan logistik.

Selain makanan, dibutuhkan pula tenaga medis, keperluan obat-obatan, tim evakuasi, juga penguasaan teritorial bencana dengan maksud melakukan pemetaan dampak bencana guna meluaskan distribusi bantuan.

Realita di lapangan ribuan relawan (termasuk relawan ahli) turut membantu masyarakat terdampak gempa di Palu dan Donggala

Harapannya masyarakat dapat mengambil hikmah baik dari terjadinya bencana, yakni sebagai salah satu momen pemersatu bangsa. (Maryono/Dadang Wahyu)

Tags: