Mendikbudristek: Manajemen Talenta Jadi Prioritas Merdeka Belajar

20 Desember 2022

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), menggelar Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra tahun 2022. Mengusung tema “Talenta Berprestasi, Inspirasi Negeri”, acara tersebut diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta didik berprestasi dan mitra yang telah mendukung penyelenggaraan kompetisi/ajang talenta di berbagai jenjang.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengapreasiasi para talenta berprestasi dan semua pihak yang telah mendukung manajemen talenta. “Terima kasih kepada semua pelajar berbakat di Indonesia atas semangatnya untuk terus berkarya dan berprestasi. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada mitra-mitra Puspresnas dan BPTI, serta semua pihak yang terus mendukung upaya manajemen talenta yang saat ini menjadi salah satu prioritas gerakan Merdeka Belajar,” disampaikan Mendikbudristek dalam acara Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra tahun 2022, di Kantor Kemendikbudrsitek, Jakarta, Selasa (20/12).

Lebih lanjut, Nadiem mengungkapkan banyak perlombaan atau turnamen yang menjadi kesempatan bagi para pelajar untuk menumbuhkan bakatnya. Namun, belum didukung program-program yang bertujuan memastikan pengembangan bakat secara berkelanjutan. Oleh karena itu, Kemendikbudristek membentuk Puspresnas sebagai unit kerja yang fungsinya berfokus pada manajemen talenta.

Selama tiga tahun terakhir Puspresnas telah menjalankan program Ajang Berprestasi dan Ajang Talenta mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi. “Banyak bidang yang bisa dipilih sesuai dengan bakat dan minat masing-masing anak, sehingga para pelajar Indonesia saat ini lebih merdeka dalam berkarya dan berprestasi,” kata Mendikbudristek.

Sampai hari ini, lanjut Mendikbudristek, tercatat sudah ada lebih dari 233 ribu pelajar di seluruh Indonesia yang terlibat dalam 42 ajang prestasi di tingkat nasional dan 19 ajang prestasi tingkat dunia yang dilaksanakan oleh Puspresnas dan BPTI. “Benar-benar luar biasa, dan yang lebih hebat lagi adik-adik kita yang berprestasi ini terus mendapatkan pembinaan dari Puspresnas, sehingga dapat terus mendapatkan informasi terkait perlombaan yang akan datang serta terkoneksi dengan rekan sesama pelajar berprestasi di seluruh penjuru Nusantara untuk saling menyemangati,” kata Nadiem.

Dalam pelaksanaan kegiatan perlombaan, Kemendikbudristek berkolaborasi dengan berbagai pihak mulai dari dinas pendidikan, sekolah dan perguruan tinggi, serta organisasi mitra. “Kolaborasi ini menandakan semangat bersama kita untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan prestasi anak Indonesia,” jelas Mendikbudristek.

Kemendikbudristek, kata Nadiem, akan terus berkomitmen untuk menghadirkan ruang-ruang yang mendukung perkembangan bakat dan peningkatan prestasi bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia sebagai bekal untuk membawa bangsa dan negara Indonesia melompat ke masa depan. “Mari kita terus bergerak serentak melahirkan generasi Pelajar Pancasila yang cerdas dan berprestasi, mewujudkan Merdeka Belajar,” ajaknya.

Presiden International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA), Aniket Sule, mengucapkan selamat kepada Kemendikbudristek atas penyelenggaraan Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra Tahun 2022. Dikatakan Aniket, tim dari Indonesia senantiasa menjadi bagian penting dari komunitasnya di IOAA. Selain itu, Indonesia telah menjadi tuan rumah IOAA pada tahun 2008 dan 2015 dan wakil dari Indonesia telah memenangkan beragam penghargaan di dalamnya.

“Saya percaya bahwa ini semua dapat tercapai berkat pelatihan yang baik. Saya berharap komitmen yang sama terhadap ajang ini akan terus berlanjut di masa mendatang,” ujar Aniket.

Arif Satria, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) menyampaikan apreasiasi setinggi-tingginya kepada Kemendikburistek yang telah mampu menciptakan ekosistem untuk menumbuhkan budaya inovasi kepada mahasiswa melalui berbagai ajang kompetisi.

“Kemajuan sebuah bangsa hanya bisa dicapai kalau kita memiliki integritas, inovasi, dan kolaborasi yang menjadi sebuah rangkaian dalam menumbuhkan inspirasi. Dengan semakin banyak inspirasi maka akan semakin banyak inovasi dan akan semakin maju bangsa kita,” tutur Arif.

Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra tahun 2022 diselenggarakan secara hibrida, diikuti oleh 100 orang peserta secara luring dan hampir 15.000 orang secara daring. Peserta hadir secara luring terdiri dari  talenta berprestasi peraih medali emas di seluruh jenjang dan bidang prestasi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, turut hadir beberapa kepala dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/ kota yang berprestasi, perguruan tinggi yang berprestasi dan telah menjadi tuan rumah ajang talenta tahun 2022, perwakilan pembina/ juri ajang talenta, para mitra, dan media massa. Perwakilan komunitas para alumni ajang talenta juga hadir guna menjalin kolaborasi penggerak prestasi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti menyampaikan tahun 2022 Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah International Olympiad in Informatics (IOI) di Yogyakarta dengan partisipan sebanyak 500 orang dari 75 negara. “Tahun depan, Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah International Geografi Olympiad (IGEO) di Bandung dan bekerja sama dengan Pemda Jawa Barat serta beberapa perguruan tinggi,” lapor Suharti.

Untuk itu, lanjut Suharti, Kemendikbudristek terus memperkuat dan memperluas kemitraan dengan berbagai kementerian dan lembaga, dunia usaha baik swasta maupun pemerintah, filantropi, dan organisasi masyarakat untuk bergotong royong mengasuh dan merawat potensi talenta unggul yang ada. (www.kemdikbud.go.id/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari www.kemdikbud.go.id)

Tags: