Mendekatlah Terus ke Teknologi

Redaksi 05 Mei 2021

Pemanfaatan teknologi tetap menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran saat ini
 
Meski pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran tatap muka (ptm) yang dimulai pada bulan Juli nanti, namun jumlah siswa yang datang ke sekolah tetap dibatasi demi mencegah meluasnya kembali penyebaran Covid-19
 
Sehingga dalam satu kelas maksimal hanya 18 siswa yang boleh hadir sehingga pihak sekolah harus mengatur pola masuk kelas siswa secara bergantian (shift/rotasi)
 
Maka guru mau tidak mau harus tetap menjaga kompetensinya dalam memanfaatkan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) untuk pembelajaran
 
Model yang bisa mereka terapkan di masa ptm terbatas nanti, salah satunya model Flipped Classroom.
 
Melalui model tersebut, siswa yang belajar di sekolah, tidak harus berlama-lama berada di sekolah, dan siswa yang belajar di rumah dapat mengakses materi-materi belajar yang telah disiapkan gurunya dalam berbagai format teknologi informasi dan komunikasi, diantaranya video dan audio yang diunggah di blog pribadi sang guru, WA atau platform-platform teknologi lainnya.
 
Prof. Mustaji di kegiatan Uji Instrumen Kompetensi TIK Guru yang diselenggarakan Tim PTP (Pengembang Teknologi Pembelajaran) LPMP Provinsi Jawa Timur melalui zoom pada hari Rabu (28/4/2021) menyampaikan, selain Flipped, sebenarnya masih banyak model-model pembelajaran yang lain.
 
Namun menurutnya, saat ini Flip-lah yang paling berpeluang diterapkan oleh guru ke para siswa
 
Dan di event tersebut, dirinya menekankan agar para PTP di LPMP Provinsi Jawa Timur mampu menjelaskan alasan akademiknya ke para guru, mengapa sebaiknya menggunakan model Flipped Classroom
 
Agaknya teknologi pembelajaran tak akan pernah ditinggalkan lagi.
 
Kita yang dahulu acuh tak acuh ke teknologi, saat ini dipaksa mendekat, bahkan kalau bisa akrab dan menjadi sahabat.
 
Terlebih, kini Kemdikbud telah menyiapkan secara gratis platform TIK pembelajaran bekerja sama dengan Google yaitu Google Workspace Education dengan akun belajar.id.
 
Tidak hanya sampai di situ, Kemdikbud juga telah membuat Surat Edaran terkait hal tersebut kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia melalui Surat Edaran No. 37 Tahun 2020 tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran Bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan.
 
Oleh karenanya, bagi siswa, guru maupun tenaga kependidikan yang belum melakukan aktivasi akun belajar.id-nya, segeralah mengaktivasi akun tersebut. (Dr. Wahsun – PTP di LPMP Provinsi Jawa Timur/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

Tags: