Mendekatkan Dunia ke Kita, untuk Pendidikan yang Lebih Baik

19 Oktober 2022

Menuju WBBM - Jelita (Jendela Literasi Kita) digagas untuk makin memerdekakan akses dan pemahaman stakeholder Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur terhadap publikasi berbagai praktik baik atau referensi pendidikan berbahasa Inggris atau asing lainnya.
 
Kami tidak berusaha menggantikan apa yang disebut studibanding, shortcourse, benchmarking dan lain-lain yang sejenis atau serupa.
 
Namun kami berupaya membuka jalan bagi stakeholder yang belum memiliki kesempatan melakukan berbagai program belajar tadi untuk tetap bisa belajar dan memperluas cakrawalanya dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya melalui Jelita.
 
 
Bukankah belajar dari bangsa lain, lalu mengambil nilai-nilai positifnya, dan meninggalkan nilai-nilai negatifnya telah kita lakukan sejak jaman perang kemerdekaan dulu? Bahkan sebelumnya berbagai bangsa di dunia juga sudah seperti itukan?
 
Maka setelah teknologi mampu mempermudah upaya tersebut, kenapa tidak menyambutnya agar makin mendekatkan dunia ke kita, untuk pendidikan yang lebih baik.
 
Yang jadi masalah atau sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkannya.
 
Atau sudah memanfaatkan teknologi yang ada, tapi belum memudahkan pengguna untuk memahamin konten-konten di dalamnya
 
Itulah sebab, banyak hal bagus yang terjadi di luar sana yang kita lewatkan begitu saja. 
 
Perlu digarisbawahi sekali lagi, bukan hanya mereka yang punya kesempatan menikmati studi banding, benchmarking dan lain-lain yang sejenis atau serupa yang berhak belajar berbagai teori dan praktik baik pendidikan dari berbagai negara.
 
Mereka yang belum memiliki kesempatan itu, yang mungkin jumlahnya bisa lebih banyak dan bersentuhan langsung, salah satunya dengan proses pembelajaran di sekolah, juga berhak.
 
Platform berbasis web ini tidak bermaksud "kebarat-baratan" atau "sok luar negeri". Jelita muncul benar-benar untuk membantu stakeholder agar lebih merdeka dalam mempelajari dan memahami berbagai teori serta praktik baik pendidikan dari berbagai negara yang bersumber pada OECD, ASCD, Teacher Magazine, Filnland.fi, The New York Times, Canadian School Libraries Journal, Edutopia, HundrEd dan lain-lain.
 
Secara fisik tak apalah bila sementara kita bagaikan katak dalam tempurung. Namun secara wawasan dan mental, biarlah kita semua mendunia bersama teknologi 
 
Semoga dengan hadirnya Jelita, ide, praktik baik, strategi, trend, terobosan-terobosan dan inovasi-inovasi pendidikan yang sedang berkembang di negara-negara lain dapat diakses dengan sangat mudah, murah, menyebar lebih luas, cepat, dan dapat didiskusikan (menjadi bahan diskusi), diadopsi/digunakan secara massif oleh para stakeholder sesuai kebutuhan mereka tanpa meninggalkan kearifan lokal yang kita miliki dalam berkegiatan (termasuk pembelajaran) menuju ke mutu dan kualitas pendidikan yang lebih baik.
 
Poin per poin
 
Jelita adalah Lorong Redaksi (Lored) versi online
 
Tagline:
“Mendekatkan dunia ke kita untuk pendidikan yang lebih baik”.
 
Pengguna:
- Warga sekolah
- Anggota komunitas belajar
- Personel dinas pendidikan
- Mitra pembangunan
- Dan lain-lain (terbuka bagi siapa saja yang berminat mengakses).
 
Prioritas produk:
- Catatan & terjemahan referensi pendidikan luar negeri.
 
Dampak bagi pengguna (prioritas kami saat ini):
- “Makin merdeka” dalam mengakses referensi-referensi pendidikan luar negeri
- “Makin merdeka” dalam memahami referensi-referensi pendidikan luar negeri  
 
Dampak bagi platform lain:
- Konten web utama kami menjadi semakin variatif & berwawasan global
- Jelita menjadi content provider terjemahan referensi pendidikan luar negeri
 
(Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

Tags: