Memulai Kelas Daring Dengan ‘Pesan Pagi Hari’

Redaksi 25 Juli 2020

Kelas pertama di sekolah adalah momen penting bagi siswa karena ini adalah momen di mana mereka bertransisi dari rumah ke sekolah. Karena itu, perlu sekali untuk mengawalinya dengan baik agar anak-anak lebih siap untuk memasuki proses belajar.

Tetapi bagaimana bila kegiatan sekolah diselenggarakan di rumah seperti saat ini?

Menurut Lisa Walton, penulis dan konsultan pendidikan, seperti dikutip dari edutopia.org, untuk mengawali kegiatan belajar mengajar dari rumah, secara baik, penting sekali bagi guru untuk membuat 'pesan pagi hari'. Ini adalah sebuah sebuah pesan interaktif yang dibuat oleh para guru di pagi hari, sebelum aktivitas belajar secara daring dimulai, dan harus mendapatkan respon dari para siswa. Pesan pagi hari ini bisa disampaikan di background ruang kelas virtual atau ditampilkan via google slides.

Baginya, pesan pagi hari dapat membantu para siswa dalam meningkatkan keterampilan akademik mereka. Sebab dengan menambahkan elemen interaktif sepert itu, akan membuat motivasi mereka untuk terlibat dalam kegiatan belajar meningkat. Dengan membiasakan membuat pesan pagi hari, sebelum kelas dimulai, para siswa akan terbiasa mengantisipasi bahwa di hari itu, tugas pertama mereka adalah merespon pesan yang dibuat oleh gurunya. 

Menciptakan pesan pagi hari yang interaktif setiap hari mungkin terasa seperti menambah beban pekerjaan. Tetapi sebenarnya ini tidak sulit dilakukan. Walton sendiri, telah membuat jadwal pesan pagi hari selama seminggu dan mengulangi menyampaikan pesan yang sama setiap minggunya.

Sebagai contoh, setiap Senin Walton membuat pesan pagi hari yang disisipi teka-teki matematika atau masalah-masalah lain yang dapat diselesaikan oleh para siswa. Permasalahan-permasalahan itu dapat berhubungan dengan mata pelajaran yang akan berlangsung.

Kemudian, setiap Selasa, dia membuat pesan berisi pertanyaan yang harus direspon secara langsung oleh para siswa. Seringkali, pertanyaan yang diajukan pun ringan-ringan saja: Misalnya, apa buku favorit yang telah kamu baca tahun ini? Di iklim yang seperti apa kamu lebih memilih untuk tinggal?, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, di setiap Rabu, Watson memberikan pesan pagi hari berisi pertanyaan perbandingan. Dalam hal ini, anak-anak diminta untuk membandingkan dua hal dan memilih salah satu yang terbaik buat mereka. Misalnya, apakah mereka lebih memilih kucing atau anjing untuk dipelihara? Pertanyaan-pertanyaan perbandingan seperti ini dapat memicu interaksi dan percakapan antara guru dengan siswa serta antarsiswa. Sebab, tentu saja jawaban mereka beragam.

Di hari Kamis, pesan pagi hari yang diberikan Watson dinamainya ‘Think Outside The Box’. Di sini, dia menunjukkan sebuah gambar obyek yang abstrak. Misalnya garis, atau setengah lingkaran. Selanjutnya anak-anak diminta untuk membuat sebuah gambar yang diawali dengan garis atau setengah lingkaran tersebut. Di sini, anak-anak diberikan kebebasan untuk membuat gambar apapun. Bisa jadi, ketika kita meminta anak-anak melakukan ini, kita akan dibuat terkesima karena melihat gambar-gambar mereka yang di luar dugaan.

Selain itu masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk memastikan kegiatan belajar mengajar di hari ini menjadi terasa menyenangkan untuk anak-anak. Bagaimana dengan kita? Sudah punya ide untuk 'Pesan Pagi Hari'? (https://www.edutopia.org/article/using-morning-messages-start-day-distance-learning/Judul asli catatan: Mengawali Kelas Daring Dengan ‘Pesan Pagi Hari’/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google image)

Tags: