Memantau Pengawas yang Belum Verval

Redaksi 26 September 2020

Aplikasi Manajemen PMP dapat memudahkan pemantauan pengawas yang belum verval sekolah.

Bahkan, bisa juga menemukan sekolah binaan yang belum dimapping oleh pengawas.

Hendri Gunawan Ardy dari Satgas Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Sesditjen PAUD Dikdasmen Kemdikbud mengungkapkannya saat menjelaskan Struktur Aplikasi Manajemen PMP.

Yang pertama ada Manajemen Pengawas, terdiri dari Data Pengawas, Tambah Pengawas, dan Atur Sekolah Binaan.

"Fungsinya melihat data pengawas secara keseluruhan di wilayahnya, kemudian tambah pengawas kalau tidak tersedia di data awal dari sintetik," jelasnya dalam acara Bimtek Percepatan Pengumpulan Rapor Mutu Sekolah Daring Tahun 2019 Angkatan 5, beberapa saat lalu (Kamis, 6/8/2020).

"Misalkan ada pengawas baru, baru ditunjuk dan bukan dari Dikbud lagi, nah ini perlu ditambahkan secara manual, kemudian atur sekolah binaannya."

Kedua ada Cek Data yang fungsinya untuk Cek Timeline, Cek Pengguna EDS (Evaluasi Diri Sekolah), serta Cek Pengawas.

"Cek Data gunanya untuk membantu sekolah mengelola EDS-nya," terang Hendri.

Cek Timeline, kata Hendri, berguna untuk mengecek apakah sekolah sudah memasukkan NPSN, sehingga Dinas atau LPMP bisa tahu data sekolah terkirim atau tidak.

"Atau sudah sampai tahapan mana (datanya), ada 5 timeline di PMP, kalau di aplikasi ditandai dengan bulatan-bulatan biru," ujarnya.

"Pertama, memulai pengisian instrumen, kedua menghitung rapor mutu, ketiga pengawas melakukan verval rapor mutu, keempat fakta integritas oleh pengawas, kelima fakta integritas kepala sekolah."

Cek Pengguna EDS digunakan untuk mengecek pengguna yang sedang aktif karena terkadang ada akun atau email yang dinonaktifkan oleh dinas, sehingga mempengaruhi EDS.

"Jadi tidak bisa sinkron, karena teknik sinkron sekarang membaca dari pengguna email operator atau pengawasnya," katanya.

Cek Pengawas berguna untuk mengecek pengawas, bisa bantu juga bila ada yang belum diverval oleh pengawas.

"Siapa tahu memang belum ada pengawas yang dimapping ke situ, jadi masukkan NPSN nanti akan muncul pengawasnya," jelasnya.

Kemudian di Progres Data ada Pengiriman, Hitung Rapor Mutu, Supervisi PGWS, dan Verifikasi PGWS.

Aplikasi Manajemen PMP juga dapat mengecek Hasil Supervisi dan Verval secara progresif.

Terakhir, ada Rapor Mutu yang meliputi Pencapaian Rapor Mutu Wilayah dan Rapor Mutu Sekolah.

Perlu diketahui, yang memiliki hak akses aplikasi Manajemen PMP hanya LPMP dan Dinas Pendidikan. (Bagus Priambodo/Judul asli berita: Struktur Aplikasi Manajemen PMP, Bisa Pantau Pengawas yang Belum Verval Sekolah)

Tags: