Manfaatkan Helpdesk untuk Dapat Tambahan Informasi Soal IKM Mandiri

Redaksi 28 Juni 2022

Kemendikbud Ristek menyiapkan sejumlah dukungan untuk mendorong agar Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri dapat dijalankan dengan baik.
 
Salah satu dukungan yang telah tersedia adalah pusat layanan bantuan terpadu atau helpdesk terpadu.
 
Layanan ini adalah layanan pengaduan terpadu untuk PSP (Program Sekolah Penggerak), IKM, dan Perencanaan Berbasis Data (PBD) yang berbasis WhatsApp dan terpusat pada 1 nomor ponsel yang sama.
 
Layanan ini bisa diakses secara omnichat di nomor +6281281435091.
 
Surat Edaran mengenai IKM Mandiri dapat dilihat di sini
 
 
Layanan ini terbilang mudah diakses dan dipahami. Saat menghubungi nomor tersebut, pemohon informasi akan dipandu memilih program yang ingin ditanyakan. Misalnya, terkait kurikulum merdeka, program sekolah penggerak, atau Sumber Daya Sekolah (SDS).
 
Setelah pemohon informasi memilih informasi yang akan ditanyakan, sistem akan secara otomatis membalas dan meminta pemohon informasi untuk mengisi identitasnya terlebih dahulu.
 
Identitas-identitas ini meliputi Nama, daerah asal, instansi tempat bernaung serta jabatan di instansi tersebut.
 
Setelah itu, pemohon informasi bisa langsung menulis pertanyaan atau permasalahan yang ingin ditanyakan.
 
Meski Pusat Layanan Bantuan atau Helpdesk ini bisa diakses kapan saja, namun sebelum menghubungi nomor tersebut, para pemohon informasi tetap disarankan untuk memastikan apakah permasalahan yang ditanyakan, sebenarnya sudah ada jawabannya di dalam dokumen kebijakan atau panduan, di dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM), atau ada di dalam FAQ IKM, pusat bantuan PMM, serta di platform belajar.id.
 
Selain itu, pastikan juga apakah permasalahan yang ingin ditanyakan, sudah didiskusikan dan dibahas dengan rekan sejawat atau komunitas belajar. (Sumber: 6 Strategi IKM/Bagus Priambodo/Judul asli berita: Manfaatkan Pusat Layanan Bantuan (Helpdesk) Untuk Dapat Tambahan Informasi Soal IKM Mandiri/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Google Image)

 

Tags: