LPMP JAWA TIMUR Memulai Kegiatan Approval

Redaksi 27 September 2018

Menindaklanjuti Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2018 Tanggal 23 Februari 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), LPMP Jawa Timur mengirimkan Surat Pemberitahuan kepada Dinas Pendikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tentang mekanisme dan persyaratan penerbitan, reaktivasi, dan penonaktifan NUPTK bagi PTK di Provinsi Jawa Timur.

Dalam surat tersebut, LPMP Jawa Timur juga meminta kepada Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk mengirimkan rekapitulasi daftar nama usulan PTK yang akan dilakukan penerbitan, penonaktifan dan reaktivasi NUPTK dengan disertai Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Dinas Pendidikan Kabupaten sidoarjo menjadi kabupaten pertama yang telah mengirimkan rekapitulasi daftar nama usulan PTK yang akan dilakukan penerbitan NUPTK beserta Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dengan rincian pengajuan sebanyak 446 PTK. Dari data tersebut ternyata sebanyak 302 nama yang diusulkan merupakan guru PAUD/TK sehingga LPMP Jawa Timur hanya melakukan approval 144 usulan nama guru SD dan SMP. Hal ini karena pengajuan penerbitan, reaktivasi dan penonaktifan bagi guru PAUD/TK merupakan kewenangan BPPAUD-DIKMAS Jawa Timur.

Selanjutnya bagi guru yang telah di-approval berkas pengajuannya oleh LPMP Jawa Timur maka NUPTK akan dikeluarkan oleh PDSPK, dan guru bisa memantau status NUPTK barunya pada laman gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status. (Arum Wiwik)

Tags: