LPMP Jatim Siap Bantu Guru Berdigitalria

Redaksi 10 September 2020

LPMP Provinsi Jawa Timur menegaskan siap membantu para guru dalam hal pengembangan media pembelajaran digital.
 
Seperti diketahui, saat ini kegiatan belajar mengajar banyak dilakukan secara jarak jauh melalui daring.
 
Pasalnya, hingga kini pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia, begitu pula di mayoritas negara lainnya.
 
Pada Bimtek (Bimbingan Teknis) Pengembangan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru SMP tahun 2020 Angkatan 2 yang dilakukan secara daring beberapa waktu lalu (Rabu, 26/8/2020), Koordinator Fungsi Kelola Sistem Informasi Pendidikan LPMP Provinsi Jawa Timur, Maryono S.Sos, M.M, pun mengungkapkan masih banyak guru yang membutuhkan keterampilan membuat media pembelajaran berbasis teknologi.
 
Menurut poling, ada 2.470 dari 5.988 guru yang masih membutuhkan keterampilan tersebut, atau sekitar 41,2% dari total responden.
 
Dari 5.988, 2.894 responden (48,3%) ingin membuat atau memproduksi media pembelajaran berbasis teknologi sendiri yang berupa power point.
 
1.609 responden (26,9%) ingin model blog/sway, 3.437 responden (57,4%) ingin video, 3.036 responden (50,7%) ingin video animasi, dan 662 responden (11,1%) ingin media lainnya.
 
"LPMP Provinsi Jawa Timur dengan teman-teman dari Pengembang Teknologi Pembelajaran atau PTP siap membantu bapak ibu (guru) terutama untuk pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi atau digital," ujar Maryono.
 
Maryono berharap, para guru memiliki inovasi agar sekolah daring menjadi menyenangkan untuk para siswa.
 
"Bapak ibu (guru) harus punya kreatifitas, inovasi, kiat-kiat tersendiri, supaya pembelajaran yang dilakukan secara daring lebih menyenangkan," ujarnya.
 
"Jadi anak-anak kita belajarnya juga suka karena dia juga di rumah dan proses pembelajarannya akan tuntas, jadi outputnya akan tuntas."
 
Adapun tujuan bimbingan teknis pengembangan pembelajaran digital bagi guru SMP adalah: (1)Memberikan bimbingan pengembangan media pembelajaran; (2) Meningkatkan kompetensi guru-guru dalam membuat media pembelajaran; (3) Membantu guru meningkatkan meningkatkan kualitas proses pembelajaran melalui pemanfaatan media pembelajaran yang berbasis digital; dan (4) Mendukung kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam implementasi merdeka belajar dan merdeka mengajar bagi guru. (Bagus Priambodo/Judul asli berita: LPMP Provinsi Jawa Timur Siap Bantu Guru Mengembangkan Media Pembelajaran Digital)

Tags: