LPMP Jatim Berangkatkan 25 Siswa SD ke Ajang O2SN

Redaksi 27 Agustus 2019

Sejumlah 25 siswa-siswi jenjang SD saat ini tengah berlaga mewakili Provinsi Jawa Timur (Jatim) di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Kota Semarang pada 25-31 Agustus 2019.

Sebelumnya, mereka dipersiapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jatim di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim mulai 23 sampai 24 Agustus 2019.

Program bertajuk Koordinasi Pembekalan O2SN Jenjang SD Tingkat Nasional Tahun 2019 itu menjadi modal wawasan dasar dan motivasi bagi peserta. Mereka dibekali tentang kebijakan dan petunjuk teknis pelaksanaan O2SN Tingkat Nasional.

Eka Ananda Arief Budi Rahardja SH MSi, Kasubbag Penyelenggaraan Tugas Pembantuan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, mengatakan agar siswa-siswi SD yang mewakili Jawa Timur ini tidak mudah puas dengan hanya memperoleh piagam dari tingkat kabupaten/kota dan provinsi saja.

“Maju ke tingkat nasional itu adalah kesempatan yang berharga dalam hidup. Jangan disia-siakan lewat begitu saja. Kalau bisa tidak berhenti di tingkat Nasional saja, tetapi juga internasional,” tegas Eka, Jumat (23/8/2019).

Selain itu, dia juga berpesan agar peserta tidak sembarang mengonsumsi makanan. Kesehatan harus dijaga dengan baik supaya stamina tubuh tetap fit dan siap bertanding. Tak lupa, pihaknya berterima kasih atas dukungan LPMP Jatim dan sponsorship dari Bank Jatim.

Kegiatan ini merupakan kerja sama kedua kalinya antara Kemendikbud melalui Direktorat Pembinaan SD, Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dan LPMP Jatim. Dua bulan lalu, koordinasi pembekalan peserta OSN jenjang SD dan SMP Tahun 2019 yang mewakili Jatim juga digelar di Gedung LPMP.

Maryono SSos MM, Kepala Seksi Sistem Informasi LPMP Jatim, menambahkan prestasi olahraga ini bukanlah ditujukan untuk provinsi melainkan akan memberikan hasil positif bagi diri siswa sendiri.

“Ketika sudah mempunyai prestasi hingga nasional, jalan kalian untuk memilih sekolah yang terbaik sudah memudahkan,” kata Maryono. Sebab, banyak sekolah unggulan mencari siswa-siswi yang berprestasi.

Untuk itu, hal paling penting di sini adalah berusaha semaksimal mungkin dan berprestasi lebih bagus lagi. Target menang tidak harus dijadikan nomor satu.

Hal sama juga diungkapkan perwakilan dari Bank Jatim, Hani. Peserta diharapkan tidak lupa berdoa dan menjaga kesehatannya masin-masing. “Selalu bersemangat dan totalitas melakukan apa yang terbaik dari diri kalian,” seru Hani memberikan dukungannya kepada peserta.

O2SN merupakan kegiatan tahunan yang memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir cinta olahraga dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Bidang olahraga yang ditandingkan adalah renang, bulu tangkis, atletik, karate, pencak silat, dan senam.

Pembukaan O2SN Jenjang SD, SMP, dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Tahun 2019 berlangsung di Balairung Astina, Hotel UTC Semarang, Jawa Tengah, Senin (26/8/2019). Kontingen dari Jatim yang terpilih akan berhadapan dengan peserta dari 33 provinsi lainnya. (Bagus Priambodo)

Tags: