Lima Contoh Media Pembelajaran Luring

Redaksi 15 September 2020

Drs. Anang Prasetyo, M.Pd, Widyaiswara LPMP Provinsi Jawa Timur, memaparkan contoh media pembelajaran luring untuk para siswa.
 
Hal tersebut ia kemukakan dalam acara Bimtek Perancangan Pembelajaran Luring Gelombang 2 Tahun 2020, Sabtu (15/8/2020).
 
Anang menjelaskan ada lima contoh media pembelajaran luring, yaitu televisi, radio, modul belajar dan lembar kerja, bahan ajar cetak, serta alat peraga dan media belajar dari benda dan lingkungan sekitar.
 
Contoh media pembelajaran luring via televisi bisa melalui Program Belajar dari Rumah di TVRI.
 
"Tentunya bapak ibu (guru) di sekolah sudah memiliki jadwal siaran Belajar dari Rumah-nya TVRI," kata Anang.
 
Untuk radio, bisa juga melalui radio komunitas atau dari studio radio yang ada di sekolah.
 
"Kedua radio, tadi ada yang bilang radio komunitas, saya amati beberapa sekolah memiliki studio radio, bisa menyelenggarakan siaran radio, nah itu dimanfaatkan sebagai media pembelajaran luring."
 
Untuk modul belajar mandiri dengan bahan ajar cetak, kata Anang, harus sama-sama dilengkapi lembar kerja yang bisa diakses guru untuk mengetahui hasil belajar siswa.
 
"Lembar kerja bisa diakses untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan yang dicapai atau hasil belajar dalam bentuk pengetahuan setelah siswa mempelajari bahan ajar tersebut," jelas Anang.
 
"Kalau di bahan ajar ada lembar kerja yang berkaitan dengan keterampilan, misalnya di Bahasa Indonesia, menulis dan sebagainya, di situ guru bisa melihat sejauh mana hasil belajar keterampilan yang dicapai siswa."
 
"Jadi beberapa keterampilan bisa saja diakses di luring ini, tergantung materi dan mapel yang disampaikan."
 
Sedangkan contoh media pembelajaran luring kelima, Anang menyampaikan cara ini sama dengan saat pembelajaran di kelas atau tatap muka.
 
"Sebagaimana pembelajaran di dalam kelas, pembelajaran luring pun bisa memakai alat peraga dan media belajar dari benda dan lingkungan sekitar," jelasnya. (Bagus Priambodo/Judul asli berita: 5 Contoh Media Pembelajaran Luring, Bisa dari Benda dan Lingkungan Sekitar)

 

 

Tags: