Laksanakan Rekomendasi Kemenpan RB

Redaksi 01 November 2021

Menuju WBBM - Dalam rangka menuju WBBM (Wilayah Bersih Bebas Melayani), LPMP Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan rekomendasi dari Kemenpan RB.
 
Dr. Rizqi S.Pd, M.Pd, Kepala LPMP Provinsi Jawa Timur, menjabarkan rekomendasi ini adalah hasil evaluasi dari Kemenpan RB pada 2019 lalu.


Rekomendasi pertama adalah memperbaiki definisi kinerja yang seharusnya dihasilkan, agar arah inovasi dan perbaikan sejalan dengan kinerja.

Baca juga berbagai derap langkah LPMP Provinsi Jawa Timur menuju WBBM di sini
 

Hal tersebut telah ditindak lanjuti mulai 2020 hingga kini, yaitu dengan melakukan sharing knowledge terhadap segala inovasi dan kinerja yang baru sehingga semua pegawai LPMP Provinsi Jawa Timur mempunyai pengetahuan yang sama.

"Sehingga, nanti dapat membantu lembaga untuk mencapai kinerja yang diharapkan," ujar Rizqi.
 
 
Update jumlah dukungan untuk LPMP Provinsi Jawa Timur menuju WBBM di sini 

Yang kedua, mengembangkan inovasi yang secara nyata mampu mendukung pencapaian kerja.

Inovasi yang dilakukan LPMP Provinsi Jawa Timur adalah mengembangkan sistem dan aplikasi yang berbasis hasil.

"Diantaranya, pengumpulan data kita lakukan dengan sistem Superman, Supervisi Mutu Pendidikan, yang membantu pelaksanaan pengumpulan data," jelas Rizqi.
 
Sumber: Kanal You Tube LPMP Provinsi Jawa Timur

"Yang memberdayakan tidak hanya asesor yang ada di LPMP, tetapi supervisor yang ada di Dinas Pendidikan kabupaten/kota, yaitu pengawas sekolah."

"Sehingga, pencapaiannya pun bisa dilaksanakan secara cepat, tidak perlu menunggu satu tahun bisa dilaksanakan dengan segera, data akurat dan up-to-date."

LPMP Provinsi Jawa Timur juga mengembangkan sistem evaluasi diri sekolah melalui WA, yang disingkat EWA, untuk memetakan resiko sekolah-sekolah yang tak dapat didampingi oleh supervisor yang ada.

Inovasi lainnya yaitu Si Pemudik (Sistem Pemetaan Mutu Pendidikan), data-data terkait mutu pendidikan di satuan pendidikan maupun di daerah dapat disajikan secara cepat.

Rekomendasi ketiga, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap efektifitas berbagai inovasi atau perubahan pada tiap area perubahan yang telah dibangun sebagai dasar perbaikan berkelanjutan.

"Kami melakukan controlling dalam setiap pembangunan area, mulai dari area perubahan, ketatalaksanaan, pengembangan SDM, pengawasan, akuntabilitas, dan pelayanan publik," jelas Rizqi.

"Kami monitoring agar tidak terjadi kesalahan dalam rangka melaksanakan perbaikan pembangunan ZI-WBBM di LPMP Provinsi Jawa Timur." (Bagus Priambodo/Judul asli berita: Menuju WBBM, LPMP Provinsi Jawa Timur Laksanakan Rekomendasi dari Menpan RB/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan LPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: