Kualitas Layanan BBPMP Jatim ke Masyarakat Dinilai “Sangat Baik”

Redaksi 06 Oktober 2022

Menuju WBBM - Hasil survey kepuasan masyarakat yang diraih BBPMP Provinsi Jawa Timur periode Januari – Juni 2022 di semua layanan untuk stakeholder (customer) mendapat nilai “sangat baik”
 
Tentu ini tak lepas dari kegigihan unit kerja ini untuk meraih predikat WBBM (Wilayah Bersih Bebas Melayani) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang digunakan sebagai penggerak bagi BBPMP Provinsi Jawa Timur untuk selalu berupaya memberikan layanan terbaiknya ke stakeholder (customernya)
 
Jadi bukan untuk mengejar predikatnya, tetapi untuk selalu berkinerja lebih baik dari sebelumnya, salah satunya melalui layanan-layanannya tadi.
 
Tidak hanya layanan-layanan yang memanfaatkan media online seperti Silat, Si Pak Guru, Superman dan lain-lain. Namun layanan fisik seperti menerima tamu, senyum ke customer/stakeholder, petunjuk ke arah layanan yang dibutuhkan para customer/stakeholder, memberikan kepastian solusi ke para customer/stakeholder yang datang memanfaatkan Unit Layanan Terpadu juga terus ditingkatkan kualitasnya.
 
Layanan-layanan yang saat ini turut menjadi prioritas BBPMP Provinsi Jawa Timur adalah melayani para customer/stakeholder agar dapat secara maksimal memanfaatkan program-program yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek dalam mengejar ketertinggalan pembelajaran termasuk mendongkrak kemampuan literasi dan numerasi peserta didik, pemanfaatan PMM (Platform Merdeka Mengajar), IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) dan lain-lain
 
Baru-baru ini BBPMP Provinsi Jawa Timur juga berisiniatif melakukan pengembangan produk layanan ULT (Unit Layanan Terpadu) -nya agar makin dapat dirasakan manfaat dan kehadirannya di provinsi Jawa Timur melalui ULT-Link atau ULT Keliling
 
Program ULT Keliling ini dapat dilaksanakan baik secara luring maupun daring.
 
ULT Luring misalnya, telah dilakukan dengan kunjungan langsung ke kabupaten Situbondo, Banyuwangi, dan Gresik.
 
Sedangkan ULT Daring telah diimplementasikan melalui pertemuan Zoom terjadwal dengan stakeholder di Kabupaten Pacitan dan di Kabupaten Malang.
 
Selain ingin mendekatkan diri dengan stakeholder, terobosan ini juga diharapkan dapat mewujudkan pelayanan yang akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, serta kolaboratif.  
 
Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, layanan-layanannya diprioritaskan ke kebutuhan-kebutuhan Merdeka Belajar yang dapat diakses para stakeholder melalui ULT ini meliputi layanan komunikasi kemitraan dan pemberdayaan, layanan perencanaan dan penjaminan mutu, layanan inovasi dan transformasi pembelajaran, serta layanan tata kelola.
 
Di layanan Komunikasi Kemitraan dan Pemberdayaan, BBPMP Provinsi Jawa Timur yang sebelumnya bernama LPMP Jatim, menyediakan sub layanan seperti konsultasi sertifikasi guru dan tunjangan profesi guru, kemitraan dengan Pemda, Data PTK atau Dapodik, serta NUPTK.
 
Sedangkan di layanan Data Perencanaan dan penjaminan mutu, sub layanan yang tersedia mencakup rapor pendidikan serta perencanaan berbasis data atau PDB.
 
Kemudian di layanan inovasi dan transformasi pembelajaran, sub layanan yang tersedia adalah terkait Program Sekolah Penggerak (PSP), implementasi kurikulum merdeka (IKM), serta akun belajar.id dan Platform Merdeka Mengajar (PMM).
 
Terakhir, terkait dengan layanan tata kelola, sub layanan yang tersedia adalah terkait Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP), lalu layanan peminjaman fasilitas wisma atau asrama, PAK Guru pangkat IV/b ke atas, serta yang tak kalah penting adalah Layanan Pengaduan Masyarakat atau Dumas.
 
Berikut berbagai inovasi layanan online (berbasis web, aplikasi online dan medsos) eksternal BBPMP Provinsi Jawa Timur tahun 2022:
 
Sedangkan di bawah ini berbagai inovasi layanan online (berbasis web dan aplikasi online) internal BBPMP Provinsi Jawa Timur tahun 2022:

 

Tags: