Kontes Kita Cinta Lagu Anak 2022, Berbagi Pesan Positif di Kalangan Siswa

17 Maret 2022

Jakarta, 10 Maret 2022 --- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan kontes Kita Cinta Lagu Anak (KILA) di tahun 2022. KILA tahun ini merupakan perhelatan yang ketiga kalinya, dan mengusung tema Perilaku Berbudaya Anak Indonesia. Acara ini digelar bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional yang jatuh tanggal 9 Maret, dan dilaksanakan secara daring, Rabu (9/3).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Musik Nasional kepada seluruh warga Indonesia, namun khususnya kepada insan seni dan maestro musik se-Tanah Air. “Terima kasih atas kontribusi dan semangat para seniman kita yang tidak pernah surut memajukan kebudayaan Indonesia,” ucap Mendikbudristek.

Lebih lanjut, Menteri Nadiem mengungkapkan bahwa program Kita Cinta Lagu Anak Indonesia atau KILA 2022 yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional, diharapkan dapat menjadi ajang bagi anak-anak Indonesia untuk berkreasi dalam seni, sekaligus berfungsi sebagai media pembentukan karakter.
 
Simak berbagai kegiatan LPMP Provinsi Jawa Timur melalui Kanal You Tube LPMP Provinsi Jawa Timur
 
Dengarkan Podcast MSG untuk Pendidikan di AnchorSpotify dan Jelita (Jendela Literasi Kita)

“Lewat KILA, kami ingin mendorong generasi muda kita untuk berkreasi dan menghasilkan karya-karya lagu anak yang berkualitas dan mengedukasi, khususnya pendidikan karakter anti intoleransi dan anti perundungan,” tukas Menteri Nadiem.

Bagi Nadiem, melalui karya yang dihasilkan dari KILA, anak-anak akan saling berbagi pesan positif tentang sikap tenggang rasa, saling menghargai, dan rasa cinta terhadap perbedaan.

“Saya yakin, adik-adik adalah talenta-talenta baru yang dapat menginspirasi Indonesia. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk ikut KILA 2022. Tidak perlu khawatir nanti akan menang atau kalah, karena yang terpenting adalah anak-anak Indonesia harus berani mencoba, berani berkarya,” ajak Mendikbudristek.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, menjelaskan, penyelenggaraan tahun ketiga KILA kali ini menekankan informasi untuk anak Indonesia tentang perilaku beradab dan berbudaya sebagai upaya meningkatkan tenggang rasa maupun menolak perundungan. “Ini adalah upaya khusus kami mendorong pemulihan pembelajaran. Program KILA yang diselenggarakan bertujuan untuk merangkul anak-anak Indonesia di masa yang penuh tantangan ini,” papar Dirjen Hilmar.

Komitmen Kemendikbudristek bangun ekosistem menyenangkan untuk anak lewat KILA

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, menyampaikan, KILA 2022 digelar secara gratis dan terbuka bagi semua pelajar di Indonesia. “Pendaftaran KILA 2022 dibuka bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional, mulai 9 Maret 2022 hingga 15 Mei 2022,” tuturnya.

Ahmad Mahendra juga menegaskan sosialisasi lebih luas tentang lagu anak Indonesia yang menyenangkan, edukatif, dan berkesenian, juga menjadi sasaran Kemendikbudristek. “Kami akan mempublikasikan lagu-lagu karya peserta melalui berbagai platform musik digital, serta menggandeng lembaga pendidikan, organisasi dan komunitas masyarakat untuk membantu kegiatan ini,” ujar Mahendra.

Selain kompetisi lagu anak, kata Mahendra, pelaksanaan KILA 2022 juga diselingi oleh berbagai acara pendukung lainnya yakni meliputi bincang KILA maupun lomba hiburan yang digelar secara digital lewat platform Instagram @kilaindonesia.id. “Nantikan juga para Duta KILA yang akan menyambangi beberapa daerah untuk melakukan kegiatan sosialisasi dan promosi kegiatan,” imbuh Mahendra.

Menurut Mahendra, pelaksanaan KILA sebelumnya berhasil menjaring sekitar 1.500 pendaftar dari seluruh Indonesia. Mahendra memastikan, program KILA tahun 2022 bakal dikemas lebih menarik dengan peluncurannya pada 9 Maret 2022 yang bertepatan dengan peringatan Hari Musik Nasional.

”Partisipasi masyarakat diharapkan akan meningkat pada perhelatan KILA tahun ini dan terus bertambah pada tahun-tahun berikutnya,” ucap Mahendra.

KILA 2022 mencakup tiga kategori, pertama, lomba cipta lagu anak untuk kelompok usia 5 sampai 7 tahun dan 8 hingga 13 tahun; kedua, lomba menyanyikan lagu anak untuk umur 5 hingga 7 tahun dan 8 sampai 13 tahun, serta terakhir, lomba aransemen lagu tema KILA gubahan Dian HP.

Selain membawakan lagu daerah, para peserta juga akan diminta untuk menyanyikan lagu-lagu baru ciptaan para peserta Kontes KILA tahun 2021. Informasi terkait pendaftaran dan persyaratan pendaftaran peserta KILA 2022 dapat dilihat pada tautan situs www.kilaindonesia.id dan akun Instagram @kilaindonesia.id. Rangkaian program KILA akan ditayangkan di berbagai platform digital, seperti Indonesiana TV dan kanal resmi YouTube Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek, yaitu Budaya Saya. (www.kemdikbud.go.id/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari www.kemdikbud.go.id)

Tags: