Komit Menuju WBBM, BBPMP Jatim Siap Dukung Pemprov Wujudkan 100 Persen IKM di 2023

Redaksi 04 Oktober 2022

Menuju WBBM - Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur, Sujarno M.Pd menyatakan bahwa BBPMP Jawa Timur siap mendukung mewujudkan target Gubernur Jatim yang ingin pada 2023 mendatang, seluruh satuan pendidikan di Jawa Timur, seratus persen menerapkan kurikulum merdeka, baik secara mandiri maupun yang melalui Program Sekolah Penggerak (PSP).

Menurutnya, di tahun 2023 tersebut, semua jenjang satuan pendidikan di Jawa Timur, mulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga Dikdas Dikmen dan SLB (Sekolah Luar Biasa), harus menerapkan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka).

“Tentunya ini perlu upaya-upaya yang ekstra untuk mewujudkan itu semua,” kata Sujarno.

Dia menambahkan, BBPMP Jatim berharap pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan dukungan.

Selain itu, pemerintah daerah juga diharapkan mengimbau satuan pendidikan di wilayah masing-masing untuk bisa segera mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

“Serta mengikuti langkah-langkah yang ada di sana, dan prosedur yang harus diikuti dalam IKM,” lanjutnya.

Sebaliknya, kepada pemerintah daerah, BBPMP Jatim menyatakan komitmennya untuk menyediakan apapun yang dibutuhkan untuk mewujudkan target 100 persen IKM pada 2023 tersebut. Hal ini sejalan juga dengan komitmen BBPMP Jatim untuk menjadi Wilayah Bebas Bersih melayani atau WBBM.

Dia menyebut, BBPMP Jatim memiliki SDM, serta sarana dan prasarana untuk mendorong terwujudnya IKM di satuan-satuan pendidikan. BBPMP Jatim juga siap memberikan bimbingan atau pendampingan bila diminta.

“Jadi kami akan memfasilitasi pendampingan, pembimbingan, baik itu yang diprogramkan oleh BBPMP Jatim maupun yang diminta kabupaten kota. Jadi kabupaten kota silakan minta, biar nanti kami atur jadwal dan mekanismenya, sehingga IKM bisa tercapai 100 persen di tahun 2023,” kata dia.

Mitra Pembangunan

Selain itu, BBPMP Jatim juga telah bekerjasama dengan mitra-mitra pembangunan untuk mendorong IKM 100 persen pada 2023 mendatang. Ke depan, akan semakin banyak mitra pembangunan yang hendak dijangkau.

“Ada beberapa (mitra pembangunan) yang sudah kerjasama dengan kami dan kabupaten kota untuk sukseskan IKM, sekaligus juga untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi bagi peserta didik,” tuturnya.

“Jadi mari bersama-sama mensukseskan kegiatan atau program IKM. Insyaallah kita bersama-sama akan mampu. Kalau sendiri, mungkin akan sulit. Tetapi kalau bersama-sama, akan tercapai,” pungkasnya. (Bagus Priambodo/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: