Kepala LPMP Jatim Buka Bimtek Pembinaan SMP Rujukan 2018 Region Surabaya

Redaksi 01 Agustus 2018

Senin 30 Juli 2018, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidkan (LPMP) Jawa Timur, Bambang Agus Susetyo memberikan sambutan sekaligus pengarahan di acara bimbingan teknis pembinaan sekolah menengah pertama rujukan tahun 2018 Region Surabaya di Hall Room Hotel Singgasana, Surabaya.

Kegiatan yang terlaksana di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama yang diselenggaran sejak 30 Juli sampai 1 Agustus 2018 ini diikuti oleh 100 orang kepala SMP rujukan yang berasal dari 5 provinsi berbeda yaitu Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali dan NTB.

Di sela sambutannya, beliau menegaskan sekolah rujukan harus menjadi sekolah luar biasa, mampu mencapai 8 standar nasional pendidikan dan berkontribusi dalam pemerataan mutu pendidikan. Selajan dengan hal tersebut sekolah rujukan akan diberikan dana sebagai sarana memacu peningkatan mutu sekolah dan biaya operasional untuk pengimbasan. Harapannya dana bantuan pemerintah ini dapat digunakan semaksimal mungkin untuk peningkatan kapasitas sekolah baik secara manajemen maupun dalam proses pembelajaran.

Bambang juga menambahkan, dana bantuan pemerintah ini tidak hanya diberikan secara percuma. Apabila sekolah tidak berhasil memenuhi standar, maka tidak menutup kemungkinan, sekolah tersebut akan di down grade. Oleh Karena itu, dirinya mewanti-wanti agar sekolah rujukan benar-benar melahirkan kreatifitas baru agar mampu menjadi sekolah unggul.

Dalam kesempatan itu pula Bambang menuturkan, LPMP Jatim berkomitmen kuat untuk seiring sejalan bersama dengan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama dalam rangka penjaminan mutu pendidikan.

“LPMP mengalokasi DIPA 2019 setiap sekolah model yang sudah menjadi sekolah rujukan dan bahkan seluruh sekolah rujukan ini sudah kami alokasikan untuk dana sistim penjamian mutu pendidikan dan dana evaluasi dan pendampingan”, pungkas Bambang mempertegas pernyataannya. (Mega Suryani)

Tags: