Kawal Terus Kualitas Data, BBPMP Jatim Gelar Evaluasi Tindak Lanjut Hasil Kualitas Dapodik

Redaksi 15 November 2022

Memastikan sekaligus sebagai bahan evaluasi pada kualitas data (Dapodik) agar dapodik makin valid atau berdasarkan (sesuai dengan) kondisi riil, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur menurunkan para personelnya ke daerah melalui kegiatan Evaluasi Tindak Lanjut Hasil Kualitas Data (Dapodik)
 
Foto headline: Petugas dari BBPMP Jatim bersama operator dapodik dinas pendidikan melakukan cek data (dapodik)
 
Kegiatan yang berlangsung 2 hari (14/11/2022 sampai 15/11/2022) di seluruh kabupaten kota di Jatim ini menyasar ke beberapa responden di dinas pendidikan kabupaten kota dan cabang dinas pendidikan provinsi di kabupaten kota, diantaranya pejabat yang menangani Dapodik, operator KK datadik Dinas Pendidikan kabupaten/kota jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, PKBM/SKB penyelenggara kesetaraan (Paket A/B/C) dan operator KK datadik Cabang Dinas Pendidikan kabupaten/kota jenjang SMA dan SLB.
 
Di kegiatan ini petugas dari BBPMP Jatim bekerjasama dengan para responden melakukan verifikasi dan validasi data satuan pendidikan (PAUD/SD/SMP/SMA/PKBM/SKB penyelenggara kesetaraan (Paket A/B/C) beserta permasalahannya, melakukan verifikasi dan validasi data pengawas sekolah (SD/SMP/SMA), melakukan verifikasi dan validasi data penilik sekolah (PAUD/PKBM/SKB penyelenggara kesetaraan(Paket A/B/C) dan menyampaikan informasi tentang progres data Dapodik yang terbaru.
 
Hasil yang diharapkan, terkumpulnya data satuan pendidikan (PAUD/SD/SMP/SMA/PKBM/SKB penyelenggara kesetaraan (Paket A/B/C) yang sudah terverifikasi dan validasi beserta permasalahannya, terkumpulnya data pengawas sekolah (SD/SMP/SMA) yang sudah terverifikasi dan validasi, terkumpulnya data penilik sekolah (PAUD/PKBM/SKB penyelenggara kesetaraan(Paket A/B/C) yang sudah terverifikasi dan validasi, dan tersampaikannya informasi tentang progress data dapodik terbaru.
 
Saat ini, Dapodik telah digunakan sebagai basis data untuk program-program unggulan Kemendikbudristek seperti Bantuan Operasional Sekolah, penyaluran tunjangan guru, Program Indonesia Pintar, Asesmen Nasional, Akreditasi Sekolah dan program bantuan ke sekolah. Maka, kualitas datanya harus semakin meningkat agar program-program unggulan, termasuk penyaluran berbagai bantuan ke sekolah tadi tepat sasaran.
 
Sehingga tidak muncul lagi kasus seperti satuan pendidikan yang seharusnya digabung atau dimerger, tapi statusnya belum diubah.
 
Lalu, terdapat data baru satuan pendidikan, adanya satuan pendidikan nonformal yang tidak mempunyai siswa tapi tidak dapat serta merta ditutup serta pendidik dan tenaga kependidikan jenjang nonformal mengajar lebih dari satu PKBM atau SKB.
 
Masalah lain adanya verifikasi dan validasi yayasan, peserta didik, sekolah dan PTK yang mengalami kendala teknis seperti NISN ganda, tanggal siswa dan NIK invalid serta berbagai permasalahan lain yang muncul akibat rendahnya kualitas data dapodik.
 
Out put (keluaran) dari kegiatan Evaluasi Tindak Lanjut Hasil Kualitas Data (Dapodik) BBPMP Jatim ini nantinya meliputi beberapa hal, yaitu: (1) Data satuan pendidikan (PAUD/SD/SMP/SMA/PKBM/SKB penyelenggara kesetaraan (Paket A/B/C) yang sudah terverifikasi dan validasi beserta permasalahannya; (2) Data pengawas sekolah (SD/SMP/SMA) yang sudah terverifikasi dan validasi; (3) Data penilik sekolah (PAUD/PKBM/SKB penyelenggara kesetaraan (Paket A/B/C) yang sudah terverifikasi dan validasi; dan (4) Data dapodik terbaru yang terverifikasi. (Bagus Priambodo/Foto atau ilustrasi dipenuhi dari Dokumentasi Kegiatan BBPMP Provinsi Jawa Timur)

Tags: